visitaaponce.com

Topan Norma Melanda Pantai Meksiko dan Melemah Menjadi Badai Tropis

Topan Norma Melanda Pantai Meksiko dan Melemah Menjadi Badai Tropis
Pantai barat laut Meksiko diterpa topan norma yang membawa hujan deras dan ancaman banjir kilat.(AFP)

TOPAN Norma melanda pantai barat laut Meksiko pada Sabtu sore, membawa hujan deras dan ancaman banjir kilat. Namun otoritas menurunkan statusnya menjadi badai tropis pada malam hari.

Topan ini mendarat sekitar 25 kilometer (15 mil) di sebelah barat laut kota resor Cabo San Lucas di pantai Baja California, semakin melemah ketika mendekati daratan. Norma bergerak ke arah timur laut dengan kecepatan 9 kph, membawa angin hingga 110 kph, lapor Pusat Topan Nasional (NHC) pada pukul 00.00 GMT.

"Norma diperkirakan akan membawa hujan hingga 45 sentimeter (18 inci), yang dapat menyebabkan banjir kilat dan banjir perkotaan, serta longsor di daerah dengan ketinggian lebih tinggi," kata NHC.

Baca juga: Memasak dengan Cinta: Cara Unik Para Ibu di Meksiko untuk Mengenang Anak-anaknya yang Hilang

"Hujan deras dan banjir kilat akan berlanjut sepanjang akhir pekan," kata NHC.

Kondisi ombak berbahaya dan arus balik yang membahayakan nyawa akan memengaruhi pantai barat daya dan tengah-barat Meksiko dan Baja California Sur selama beberapa hari ke depan.

Baca juga: Badai Lidia Kategori 4 Ancam Pesisir Meksiko

Dipicu oleh air hangat di Pasifik, Norma telah menguat menjadi topan Kategori 3 pada skala Saffir-Simpson, dan masih berada dalam Kategori 1 saat mendarat, sebelum melemah.

Pegawai hotel di Cabo San Lucas mendesak para tamu untuk tetap berada di dalam ruangan hingga otoritas memberikan izin, kata Gustavo Matamoros, pekerja hotel, kepada AFP.

Otoritas setempat mengatakan sekitar 60.000 turis berada di daerah tersebut, sebagian besar dari mereka adalah pengunjung internasional.

Gambar dari Milenio TV menunjukkan jalan-jalan banjir ketika Norma tiba. Tidak ada laporan korban yang dilaporkan otoritas. Norma diharapkan akan terus melemah saat bergerak melintasi Semenanjung Baja California menuju pantai barat Meksiko pada hari Minggu.

Dua orang tewas minggu lalu ketika Topan Lidia melanda negara bagian barat Jalisco dan Nayarit. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat