visitaaponce.com

Badai Besar Landa Wilayah California, AS, Tewaskan 18 Orang

Badai Besar Landa Wilayah California, AS, Tewaskan 18 Orang
Pasca-badai tampak dari udara, sejumlah kendaraan terendam banjir di Planada, California, Amerika Serikat. Rabu (11/1/2023).( JUSTIN SULLIVAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

BADAI besar yang melanda lepas pantai California memicu hujan deras pada Rabu (12/1). Sedikitnya 18 orang tewas dampak dari fenomena alam yang terjadi sejak 150 tahun terakhir.

Bencana ini juga telah menyeret beberapa warga California, memutuskan jaringan listrik, dan menutup jalan-jalan dan melongsorkan tanah di Golden State. Sebagian besar wilayah California utara berada di bawah pengawasan banjir atau peringatan cuaca musim dingin.

"Hujan besar diperkirakan akan berdampak pada California barat laut selama beberapa hari ke depan dengan kemungkinan curah hujan beberapa inci," ungkap National Weather Service.

Di Kota Aptos, dekat Santa Cruz, warga memunguti puing-puing setelah rumah mereka terendam.

"Ini mungkin banjir terburuk yang pernah saya lihat di sini sejak saya tinggal di sini, sejak 1984," kata warga daerah tersebut Doug Spinelli.

Gubernur California Gavin Newsom, yang mengunjungi wilayah Capitola yang rusak, mengatakan dampak badai telah merusak daerahnya.

"Jumlah inci hujan, dan intensitasnya tidak menceritakan keseluruhan cerita. Kita basah kuyup, tempat ini basah kuyup. Dan sekarang jumlah curah hujan yang lebih sedikit saja dapat menambah dampak yang sama atau lebih besar dalam hal kondisi di lapangan," paparnya.

Lebih dari 55 ribu rumah dan bisnis tanpa listrik di California pada Rabu (11/1), menurut situs pelacakan Poweroutage.us.

Seorang anak laki-laki berusia lima tahun di San Luis Obispo dilaporkan hilang oleh ibunya Lindsay Doan.

Pada Senin (9/1), anak bernama Kyle itu berhasil keluar saat mobil yang membawanya tersapu banjir. Namun Kyle dan ibunya dipisahkan oleh arus deras hingga dinyatakan hilang pada Rabu (11/1).

"Istri saya merasa sangat tidak enak selamat dari ini dan bukan dia," kata ayah Kyle, Brian Doan.

Sheriff San Luis Obispo County mengatakan mereka masih mencari anak itu, termasuk dengan mengerahkan tim penyelam.

"Kami akan mencari sampai kami menemukannya," kata juru bicara Tony Cipolla.

Menurut penghitungan oleh LA Times, 18 orang yang dikonfirmasi tewas di Negara Bagian California termasuk pengemudi yang ditemukan di dalam mobil yang terendam, orang yang tertimpa pohon tumbang dan sepasang suami istri yang tewas dalam reruntuhan batu.

Badai musim dingin bukanlah hal yang aneh di California, yang cenderung dibarengi hujan deras dalam waktu yang cukup singkat. Tetapi kali ini menjadi paling deras dibandingkan sejak 1866.

Terlepas dari kesengsaraan, badai, yang diperkirakan akan terus menyapu California selama seminggu lagi, membawa hujan ke bagian negara yang sangat membutuhkannya setelah lebih dari dua dekade mengalami kekeringan.

Volume air yang turun tidak cukup untuk mengisi kembali waduk dan akuifer yang telah habis.

Danau Shasta, waduk terbesar di California, masih hanya dua pertiga dari rata-rata historisnya untuk awal Januari, menurut data departemen sumber daya air. (AFP/Cah/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat