visitaaponce.com

Angin Topan Muifa Paksa 1,6 Juta Warga Shanghai Mengungsi

Angin Topan Muifa Paksa 1,6 Juta Warga Shanghai Mengungsi
Gelombang yang picu topan Muifa tampak di sepanjang pantai di Hangzhou, Provinsi Zhejian. Tiongkok, Rabu (14/9).(AFP)

TOPAN Muifa memaksa sekitar 1,6 juta warga Shanghai, Tiongkok, mengungsi. Topan ke-12 yang menerjang Tiongkok ini membawa hujan lebat dan banjir bandang.

"Setidaknya, 426 ribu orang dievakuasi di Shanghai. Sekitar 1,2 juta lainnya dibawa ke tempat penampungan sementara di Provinsi Zhejiang," ungkap laporan televisi pemerintah Tiongkok, CCTV, Kamis (15/9).

Curah hujan yang tinggi menyebabkan kemacetan lalu lintas dan banjir di beberapa daerah di wilayah delta sungai Yangtze, pusat manufaktur global utama.

Baca juga : Banjir Grobogan, Ribuan Warga Mengungsi

Gelombang raksasa terlihat menerjang garis pantai di Teluk Hangzhou, di selatan Shanghai, dan radio nasional melaporkan tanah longsor di Ninghai di Provinsi Zhejiang.

Kecepatan angin Muifa mencapai 125 kilometer per jam. Badai tersebut mendarat di Fengxian, Shanghai pada 00.30 waktu setempat.

Topan ini menyebabkan pembatalan semua penerbangan ke pusat keuangan terbesar Tiongkok. Muifa sebelumnya menyerang Kota Zhoushan di Zhejiang pada Rabu kemarin.

Saat ini, badai memasuki Provinsi Jiangsu pada Kamis (15/9) pagi dan kecepatan angin melemah hingga sekitar 90 kilometer per jam.

Badai itu datang segera setelah Topan Hinnamnoor menghantam Shanghai dan wilayah tetangganya pekan lalu, menyebabkan penangguhan layanan feri Shanghai dan penutupan sekolah di beberapa bagian Zhejiang. (CCTV/Cah/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat