visitaaponce.com

Topan Otis Menguat ke Kategori 4 Ancaman Potensial di Meksiko

Topan Otis Menguat ke Kategori 4: Ancaman Potensial di Meksiko
Pusat Topan Nasional Amerika Serikat memperingatkan topan otis menguat menjadi badai kategori 4 menuju pantai pasifik Meksiko.(AFP)

TOPAN Otis pada hari Selasa menguat menjadi badai Kategori 4 yang kuat saat menuju ke pantai Pasifik Meksiko, demikian kata Pusat Topan Nasional Amerika Serikat, yang memperingatkan topan ini bisa menjadi potensial bencana ketika mendarat pada Rabu dini hari.

"Dengan perkiraan topan akan terus menguat, Otis diprediksi menjadi topan Kategori 5 yang potensial bencana saat mencapai pantai," kata NHC, meskipun mereka menambahkan "pelemahan cepat akan terjadi setelah mendarat."

Kecepatan angin maksimum berkelanjutan telah meningkat menjadi sekitar 145 mil (230 kilometer) per jam, menurut NHC, yang menempatkan Otis dalam kategori tertinggi kedua dalam skala Saffir-Simpson yang memiliki lima tingkat.

Baca juga : Topan Tropis Hilary Menghampiri California

Hingga Selasa malam, pusat topan berjarak sekitar 85 mil dari kota resor tepi pantai Acapulco, dan peringatan topan berlaku untuk garis pantai dari Punta Maldonado hingga Zihuatanejo.

Otoritas di negara bagian selatan Guerrero menghentikan kelas sekolah dan bersiap membuka tempat perlindungan darurat.

Tentara terlihat patroli di pantai Acapulco, di mana pengunjung memanfaatkan ketenangan sebelum badai. "Kami tidak akan menjalankan tur hari ini," kata operator perahu Carolina Torres, berharap Otis mungkin akan melemah sebelum mendarat.

Baca juga : Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat Dimakzulkan

"Jika ini mengenai kita, itu sangat serius bagi kita," tambahnya.

Curah hujan hingga 15 inci (38 sentimeter) diharapkan di seluruh Guerrero dan sebagian negara bagian tetangga Oaxaca, kata NHC. "Hujan ini akan menyebabkan banjir tiba-tiba dan banjir perkotaan, bersamaan dengan tanah longsor di daerah berkontur tinggi," peringatan mereka.

"Diperkirakan gelombang badai yang potensial bencana akan menyebabkan banjir pantai yang mengancam nyawa," tambahnya.

Baca juga : Biden Kecam Komentar Trump Terkait NATO sebagai "Mengerikan dan Berbahaya"

Topan menghantam Meksiko setiap tahun di pantai Pasifik dan Atlantiknya, biasanya antara Mei dan November, meskipun sedikit yang mendarat sebagai topan Kategori 5.

Pekan ini, Topan Norma meninggalkan tiga orang tewas, termasuk seorang anak, setelah mendarat untuk kedua kalinya di negara bagian barat laut Sinaloa. Norma mendarat pertama kali di semenanjung Baja California pada hari Sabtu sebelum kembali ke laut, dan kemudian menerjang daratan.

Bulan ini, dua orang tewas ketika Topan Lidia, sebuah topan Kategori 4 "sangat berbahaya," melanda negara bagian barat Jalisco dan Nayarit.

Dan pada bulan Agustus, badai Hilary, yang pada satu titik juga merupakan topan Kategori 4, menyebabkan satu kematian dan merusak infrastruktur saat melanda Baja California.

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa badai semakin kuat seiring dengan perubahan iklim yang semakin hangat di seluruh dunia. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat