visitaaponce.com

Biden Kecam Komentar Trump Terkait NATO sebagai Mengerikan dan Berbahaya

Biden Kecam Komentar Trump Terkait NATO sebagai
Presiden AS Joe Biden mengecam keras komentar Donald Trump yang meremehkan keterlibatannya dalam NATO, menyebutnya "mengerikan dan berbahaya(AFP)

PRESIDEN AS Joe Biden mengritik keras komentar Donald Trump yang meremehkan komitmennya terhadap NATO sebagai mengerikan dan berbahaya. Biden memperingatkan mantan presiden tersebut bermaksud memberikan "lampu hijau untuk lebih banyak perang dan kekerasan" kepada pemimpin Rusia, Vladimir Putin.

Pernyataan ini muncul setelah Trump menyatakan dalam pidato pada hari Sabtu bahwa ia akan "mendorong" Rusia untuk menyerang anggota NATO yang tidak memenuhi kewajiban keuangan mereka, yang merupakan serangan terbesarnya terhadap aliansi militer yang selama ini telah diungkapkannya dengan skeptisisme.

Komentar tersebut, yang disampaikan dalam kampanye di South Carolina, memicu peringatan tajam di dalam dan di luar negeri bahwa Trump menempatkan aliansi militer dalam bahaya, memunculkan kembali keraguan atas komitmen AS terhadap perjanjian pertahanan saling jika mantan presiden dan kandidat utama Partai Republik saat ini menang pada November.

Baca juga : AS Desak Rusia Tarik Mundur Pasukannya dari Wilayah Perbatasan Ukraina

"Pengakuan Donald Trump bahwa ia bermaksud memberikan lampu hijau kepada Putin untuk lebih banyak perang dan kekerasan, untuk melanjutkan serangan brutalnya terhadap Ukraina yang merdeka, dan untuk memperluas agresinya kepada rakyat Polandia dan negara-negara Baltik adalah hal yang mengerikan dan berbahaya," kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Trump menjelaskan bahwa percakapannya terjadi dalam pertemuan NATO yang tidak ditentukan waktu dan tempat.

"Salah satu presiden dari negara besar berdiri dan berkata, 'Nah, tuan, jika kami tidak membayar, dan kami diserang oleh Rusia, akankah Anda melindungi kami?' Saya katakan, 'Anda tidak membayar, Anda wanprestasi?'"

Baca juga : Tank-Tank Barat jadi Target Prioritas Serangan Rusia di Ukraina

"Tidak, saya tidak akan melindungi Anda. Bahkan, saya akan mendorong mereka untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan."

Trump secara rutin mengkritik sekutu Organisasi Traktat Atlantik Utara (NATO) karena tidak memenuhi target pengeluaran pertahanan sebesar setidaknya dua persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

"Anda harus membayar. Anda harus membayar tagihan Anda," kata Trump, yang hampir pasti akan menjadi kandidat Partai Republik untuk pemilihan presiden tahun ini, pada hari Sabtu.

Baca juga :  Erdogan Dihujani Selamat oleh Putin hingga Biden

Pernyataan Trump datang setelah Senat Republik pada hari Rabu menolak sebuah rancangan undang-undang bipartisan yang akan mencakup pendanaan yang sangat dibutuhkan untuk Ukraina, bantuan untuk sekutu Israel, bersama dengan reformasi untuk mengatasi krisis perbatasan AS-Meksiko.

Paket bantuan luar negeri yang memisahkan bantuan tersebut dari masalah perbatasan berhasil melewati pemungutan suara prosedural penting di Senat AS pada hari Minggu, meskipun Partai Republik mungkin masih menghalanginya untuk menjadi undang-undang.

Paket senilai US$95 miliar tersebut mencakup pendanaan untuk Israel dan Taiwan, tetapi sebagian besar akan digunakan untuk membantu Ukraina bersenjata ketika memasuki tahun ketiga perang sejak Putin memerintahkan invasi penuh skala.

Baca juga : Biden Sebut Amerika Serikat tidak akan Terintimidasi oleh Putin

Gedung Putih sebelumnya mengatakan pada hari Sabtu bahwa "mendorong invasi terhadap sekutu terdekat kita oleh rezim pembunuh adalah sesuatu yang mengerikan dan tidak masuk akal."

Menggoyahkan keamanan

Kepala NATO Jens Stoltenberg memperingatkan "setiap saran bahwa sekutu tidak akan saling membela melemahkan semua keamanan kita, termasuk keamanan AS."

Presiden Dewan Eropa Charles Michel juga mengecam komentar tersebut sebagai "ceroboh," mengatakan mereka hanya dapat "melayani kepentingan Putin."

Baca juga : Pasukan Rusia Mulai Kuasai Kota Mariupol Sepenuhnya 

Senator Republik Marco Rubio, yang telah mendukung Trump untuk nominasi partainya, membela mantan presiden pada hari Minggu sebagai "menceritakan sebuah kisah" tentang sesuatu yang terjadi di masa lalu.

"Ia tidak berbicara seperti politisi tradisional," kata senator Florida itu kepada "State of the Union" CNN.

"Oh ya, Donald Trump adalah presiden dan dia tidak menarik kita keluar dari NATO. Bahkan, pasukan Amerika ditempatkan di seluruh NATO" selama masa jabatannya, kata Rubio.

Baca juga : Presiden AS Joe Biden Menduga Rusia akan Serang Ukraina

Stoltenberg, dari pihaknya, mengatakan ia berharap bahwa "tidak peduli siapa yang menang dalam pemilihan presiden, AS akan tetap menjadi sekutu NATO yang kuat dan berkomitmen." (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat