visitaaponce.com

Biden Sebut Amerika Serikat tidak akan Terintimidasi oleh Putin

Biden Sebut Amerika Serikat tidak akan Terintimidasi oleh Putin
Joe Biden.(AFP/Jim Watson.)

PRESIDEN Joe Bidenn memperingatkan Rusia bahwa Amerika Serikat (AS) tidak akan terintimidasi oleh ancaman sembrono setelah Vladimir Putin mencaplok empat wilayah yang diduduki Ukraina. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyebut pencaplokan itu sebagai eskalasi paling serius sejak dimulainya perang.

Putin tampaknya membuat ancaman terselubung untuk menggunakan senjata nuklir dalam mempertahankan wilayah baru yang dicaplok. Dia menyatakan bahwa wilayah itu akan selamanya menjadi bagian dari Rusia.

Dalam pidatonya, pemimpin Rusia itu mengeklaim warga di Kherson, Zaporizhzhia, Luhansk, dan Donetsk telah memilih untuk bersama rakyatnya. Dia mengacu pada referendum yang diadakan di daerah-daerah dalam beberapa hari terakhir, tetapi pemerintah Ukraina dan Barat mengutuk pemungutan suara itu sebagai tipuan.

Namun sebagian besar pidato Putin digunakan untuk mencela Barat. Dia mengatakan AS telah menciptakan preseden dengan menggunakan senjata nuklir melawan Jepang pada akhir Perang Dunia Kedua dalam ancaman nyata.

Putin pekan lalu mengatakan negaranya memiliki berbagai senjata pemusnah dan akan menggunakan semua cara yang tersedia bagi mereka. "Saya tidak menggertak," katanya.

Kremlin telah menjelaskan bahwa setiap serangan terhadap wilayah yang baru dicaplok akan dilihat sebagai serangan di tanah Rusia. Itu menandakan eskalasi perang.

Presiden Biden menyebut kata-kata dan ancaman sembrono rekannya dari Rusia, tetapi menambahkan bahwa Putin tidak akan menakut-nakuti mereka. "Amerika dan sekutunya tidak akan terintimidasi," kata Presiden Biden di Gedung Putih.

Dia kemudian berbicara langsung dengan Presiden Rusia, mengarahkan jarinya ke kamera. "Amerika sepenuhnya siap dengan sekutu NATO kami untuk mempertahankan setiap inci wilayah NATO," katanya mengacu pada blok keamanan Barat. "Tuan Putin, jangan salah paham dengan yang saya katakan: setiap inci."

Tak lama setelah itu, pejabat tinggi keamanan nasional Biden mengatakan sementara ada kemungkinan Moskow menggunakan senjata nuklir, tampaknya tidak ada ancaman yang akan segera terjadi. Ukraina meluncurkan tawaran jalur cepat baru untuk bergabung dengan NATO segera setelah pidato Putin.

Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan Ukraina telah lama menjadi de facto anggota blok keamanan dan menuduh Moskow menggambar ulang perbatasan menggunakan pembunuhan, pemerasan, penganiayaan, dan kebohongan. Stoltenberg dari NATO enggan ditarik pada tawaran itu, mengatakan keputusan ada di tangan 30 anggota blok itu.

Anggota aliansi tidak akan mengakui salah satu wilayah yang dicaplok sebagai bagian dari Rusia, kata Stoltenberg kepada wartawan, menuduh Putin menggertak pedang nuklir yang tidak bertanggung jawab. Dia menyebut pencaplokan itu sebagai momen penting dalam perang.

Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen mengatakan aneksasi ilegal yang diproklamirkan oleh Putin tidak akan mengubah apa pun. "Semua wilayah yang diduduki secara ilegal oleh penjajah Rusia adalah tanah Ukraina dan akan selalu menjadi bagian dari negara berdaulat ini."

Korea Selatan mengatakan tidak mengakui aneksasi. Ia menambahkan bahwa kedaulatan, keamanan teritorial, dan kemerdekaan Ukraina harus dilindungi. (BBC/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat