visitaaponce.com

Dukung Industri Animasi, Beast Digelar 25 Mei

Dukung Industri Animasi, Beast Digelar 25 Mei
Ilustrasi.(Antara)

INDUSTRI digital art dan kreatif di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Sudah banyak lahir perusahaan lokal yang menciptakan produk kreatif atau menyediakan jasa untuk klien mancanegara. Karenanya, Bengkel Animasi Digital Art & Creative Festival (Beast) digelar pada Sabtu, 25 Mei 2024, di Holiday Inn Pasteur, Bandung.

"Melalui event Beast, kami berupaya menghadirkan sinergi lebih kuat dari seluruh stakeholders industri, khususnya pelaku bisnis dan sumber daya manusianya. Harapannya, pertumbuhan industri bisa semakin optimal serta yang tidak kalah penting, terjadi regenerasi sumber daya manusia kepada anak-anak muda untuk menjadi tenaga profesional yang pada saatnya nanti harus sanggup bersaing secara internasional," tutur Ronny Gani, CEO dan Co-founder Bengkel Animasi, dalam pernyataannya, Senin (20/5).  

Hal tersebut memotivasi Ronny dalam mendirikan Bengkel Animasi yang fokus dalam upaya meningkatkan kualitas animator muda melalui program-program pelatihan, pelaksanaan event, dan penyediaan jasa pembuatan animasi 3D. Beast digelar Bengkel Animasi bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Baca juga : Citramas Group dan Sinar Mas Land Resmikan Nongsa D-Town

CEO Kumata Studio, Daryl Wilson, sekaligus Ketua Ainaki (Asosiasi Industri Animasi Indonesia) serta salah satu narasumber pada event BEAST 2024, menambahkan Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yang akan terjadi dalam waktu 10-15 tahun ke depan, sehingga membutuhkan lapangan kerja yang besar. Sektor industri animasi yang padat karya bisa menjadi solusi dalam hal penyediaan lapangan pekerjaan dan menghasilkan produk-produk berbasis intelektual property (IP) atau menyediakan jasa produksi animasi kepada pasar animasi lokal maupun global. 

Ainaki sebagai asosiasi yang mewakili pelaku industri Indonesia, lanjut dia, mendukung kegiatan Beast yang memiliki tujuan sosialisasi dan networking kepada para pelaku industri. Data riset Ainaki menunjukkan pertumbuhan sebesar 26% selama 6 tahun terakhir dan studio animasi Indonesia bertumbuh sebanyak 200% per tahun. Oleh karena itu, Ainaki terus akan membuka kerja sama dengan berbagai pihak dalam membangun program hulu ke hilir agar sektor animasi bisa mengambil peran untuk menuju Indonesia Emas yang dicanangkan pemerintah.

Operational Manager dari Brown Bag Films Bali, Anintyas Wening, yang juga merupakan salah satu narasumber di Beast mengungkapkan pihaknya percaya bahwa acara ini ialah kesempatan dan wadah luar biasa untuk mendukung pertumbuhan industri animasi di Indonesia. Pihaknya berharap bahwa berbagi pengalaman dan insight pada event Beast akan memberikan wawasan yang nantinya dapat memperkuat ekosistem animasi di Indonesia. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat