visitaaponce.com

Kelompok Batik Binaan BPOB Capai Penjualan 26 Juta dalam Peringatan HUT ke-44 Dekranas

Kelompok Batik Binaan BPOB Capai Penjualan 26 Juta dalam Peringatan HUT ke-44 Dekranas
Dalam memperingati HUT Dekranas ke-44, pameran berskala nasional berlangsung selama empat hari mulai 15-18 Mei 2024 di Solo.(Dok Dekranas)

DALAM memperingati HUT Dekranas ke-44, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menyelenggarakan pameran berskala nasional yang dilaksanakan selama empat hari mulai 15-18 Mei 2024 di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah.

Kegiatan yang mengusung tema Tumbuh Bersama Memajukan Budaya Warisan Bangsa ini melibatkan 278 stan UMKM dan dimeriahkan oleh kirab budaya serta pawai mobil hias dari seluruh provinsi di Indonesia. Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian menjelaskan selama kegiatan berlangsung empat hari ini jumlah pengunjung mencapai 13.000 orang dengan nilai transaksi Rp4,3 miliar.

"Angka yang cukup fantastis. Harapannya bisa memastikan produk lokal kita dihargai dan dikenal oleh masyarakat maupun mancanegara," tambahnya.

 

 

Baca juga : MesaStila Resort and Spa Perkenalkan Menu Ramadan 2024 Selera Nusantara

Pada kesempatan yang sama, Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) hadir memeriahkan dengan mengajak delapan kelompok batik hasil binaan BPOB dari DPN Solo-Sangiran dan sekitarnya. Produk yang dipamerkan oleh kelompok batik tersebut berupa eco print dan purwarupa batik. Selama empat hari berlangsung total transaksi yang dihasilkan sejumlah Rp25 juta.

Salah satu kelompok batik yang tergabung, pemilik Batik Mekarjaya, Erlan Saputra, mengaku bangga bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. "Harapan ke depan terus bisa menjalin hubungan yang baik dengan BOB dan bisa memperkenalkan produk batik yang dibuat."

Sejalan dengan itu, pemilik Newcoral Ecofriendly, Denny, juga merasa bangga bisa ikut mengenalkan produk berbasis eco print miliknya kepada para pengunjung dan bisa menjelaskan dengan detail tentang cara pembuatannya hingga bisa sampai di tangan pembeli. (RO/Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat