visitaaponce.com

Kisruh Volume Gas Elpiji 3 Kg, Konsumen harus Bisa Mengecek Langsung

Kisruh Volume Gas Elpiji 3 Kg, Konsumen harus Bisa Mengecek Langsung
Ilustrasi(Antara)

Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) meminta seluruh agen atau pangkalan gas elpiji 3 kilogram (kg) menyediakan alat timbang di toko masing-masing. Itu dibutuhkan agar masyarakat bisa mengecek langsung berat atau volume gas tabung melon yang akan dibeli.

“Konsumen harus diberi kesempatan untuk menimbang tabung gas elpiji 3 kg yang mau dibeli di pangkalan resmi. Apabila memang beratnya kurang, konsumen bisa memilih tabung lain,” ujar Ketua Umum Hiswana Migas Rachmad Muhamadiyah melalui keterangan tertulis, Rabu (29/5).

Ia mengatakan elpiji 3 kg yang layak edar memiliki total berat kotor 8 kg yang terdiri dari berat tabung kosong 5 kg dan gas 3 kg. Selama ini, ada tolerasi yang diberikan terhadap ketidaksesuaian yakni sebesar 1,5%.

Baca juga : Kemendag Ancam Tindak Pidana SPBE yang Kurangi Volume Gas Elpiji 3 Kg

"Jadi minimal total berat tabung isi adalah 7,9 kg,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Perdagangan menyatakan ada sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji yang mengurangi takaran volume gas elpiji 3 kg. Ia pun memastikan akan menindak tegas para pelaku usaha yang melakukan tindak kecurangan seperti itu.

"Ini masalah yang sangat penting karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak, puluhan mungkin ratusan juta yang mempergunakan elpiji 3 kg," kata Zulhas.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting juga mengatakan pihaknya sudah menyiapkan timbangan gas di setiap pangkalan resmi elpiji. Dengan timbangan itu, pembeli bisa mengecek secara langsung berat volume gas yang ada ditabung.

"Kalau kami penyaluran hanya sampai pangkalan resmi. Oleh karena itu kami siapkan juga timbangan di sana. Kalau masyarakat tidak yakin, mereka bisa timbang ketika membeli," kata Irto. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat