visitaaponce.com

Kemenperin Tegaskan Tak Ada Gangguan Suplai Bahan Baku

Kemenperin Tegaskan Tak Ada Gangguan Suplai Bahan Baku
Ilustrasi(Antara)

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menegaskan bahwa sejauh ini tidak ada keluhan gangguan suplai bahan baku yang disampaikan dunia industri dalam negeri. Meski terjadi penumpukan kontainer di beberapa pelabuhan utama, bahan baku industri masih terpenuhi.

"Tidak ada keluhan dari pelaku usaha mengenai gangguan suplai bahan baku industri. Sehingga perlu dibuktikan apakah kontainer yang menumpuk tersebut banyak merupakan bahan baku atau bahan penolong bagi industri," ujar Juru Bicara Kemenperin Bapak Febri Hendri Antoni Arif dalam konferensi pers, Senin (20/5).

Hal itu disampaikan Kemenperin sekaligus menanggapi pernyataan Kementerian Keuangan mengenai penumpukan yang berdampak pada supply chain industri manufaktur dalam negeri. Selain itu, Kemenperin juga membantah pernyataan Kementerian Perdagangan yang menyatakan penyebab penumpukan kontainer tersebut adalah kendala persetujuan teknis sebagai syarat untuk mendapatkan perizinan impor.

"Kami sampaikan bahwa Kemenperin tidak terkait langsung dengan penumpukan kontainer di beberapa pelabuhan tersebut. Sesuai dengan tugas dan fungsi Kementerian Perindustrian sebagai pembina industri dalam negeri, kami memiliki kewajiban untuk memastikan kebutuhan bahan baku industri terpenuhi," tegas Febri.

Dia menambahkan bahwa dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya menjaga industri dalam negeri, Kemenperin harus menjaga keseimbangan antara produksi dalam negeri dengan pasarnya. Pihaknya tidak alergi dengan barang impor sepanjang barang-barang tersebut dibutuhkan di dalam negeri, sedangkan produksinya di dalam negeri tidak mencukupi. Dengan demikian, kebijakan Lartas diarahkan untuk tidak mengganggu industri dalam negeri. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat