visitaaponce.com

Penjualan Bersih Kuartal I Garuda Metalindo Naik 9,46

Penjualan Bersih Kuartal I Garuda Metalindo Naik 9,46%
Ilustrasi.(Freepik)

MEMULAI tahun 2024, industri otomotif di Indonesia mengalami sedikit penurunan akibat dari penurunan produksi kendaraan roda empat dan roda dua serta efek dari Pemilu di Indonesia. Walaupun begitu, para pelaku industri otomotif masih optimistis pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor akan mulai membaik di semester II tahun 2024. 

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan mobil (whole sales) sampai dengan kuartal pertama 2024 hanya mencapai 215.069 unit dibandingkan dengan periode yang sama 2023 sebanyak 282.601 unit. Sedangkan penjualan sepeda motor, merujuk dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sampai dengan kuartal pertama 2024 hanya mencapai 1,85 juta unit dibandingkan dengan periode yang sama di 2023 sebanyak 1,95 juta unit. 

Sampai dengan kuartal I 2024, PT Garuda Metalindo Tbk mencatatkan peningkatan penjualan konsolidasi bersih sebesar Rp365,39 miliar atau naik 9,46% dibandingkan dengan kuartal III 2023 sekitar Rp333,81 miliar. Sedangkan laba bersih konsolidasi perusahaan berkode saham BOLT ini mencapai Rp17,58 miliar alias mengalami peningkatan sebesar 163,16% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya Rp6,68 miliar. 

Baca juga : Bisnis Mempercantik Kendaraan Kian Berkembang

Peningkatan laba bersih ini terutama disebabkan harga material yang masih cukup stabil di awal 2024 serta pengendalian biaya yang intensif di internal perusahaan. Perusahaan mengharapkan pengendalian biaya tersebut dapat terus meningkatkan margin keuntungan ke depan secara berkelanjutan.

Perusahaan telah melakukan beberapa langkah penting untuk meningkatkan kinerja di 2024 yaitu pengembangan sumber daya manusia, continuous improvement, digitalisasi Industri 4.0, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas secara berkelanjutan. Selain itu, perusahaan menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) di awal 2024 untuk melakukan penelitian dan pengembangan produk, teknologi, serta ilmu pengetahuan.

Sekadar informasi, BOLT ialah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur baut, mur, dan berbagai komponen untuk industri otomotif, serta aplikasi lain. Sejak tahun lalu, perusahaan mulai mengembangkan pasar industri infrastruktur, dan general industri lain. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat