visitaaponce.com

Kominfo 5 Pelayanan Publik yang Terimbas Serangan Ramsomwere Sudah Pulih

Kominfo: 5 Pelayanan Publik yang Terimbas Serangan Ramsomwere Sudah Pulih
Dirjen IKP Kominfo Usman Kansong.(Dok. Antara)

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengonfirmasi ada 44 tenan terimbas ramsomwere yang memiliki data cadangan. Sebanyak lima instansi diutamakan perbaikannya dan saat ini sudah pulih.

“Kita prioritaskan juga pemulihan pelayanan publik, hari ini sudah ada lima tenan yang pulih,” kata Dirjen IKP Kominfo Usman Kansong di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu, 26 Juni 2024.

Usman menjelaskan lima tenan itu diutamakan karena berurusan dengan kebutuhan masyarakat. Pemerintah tidak mau serangan ini menggangg kepentingan dalam jangka panjang.

Baca juga : Pengamat Minta Kominfo Jujur Terkait Kondisi Seluruh Data di PDNS Pascadiretas

“Pertama Imigrasi Kemenkumham, LKPP (layanan Sikap), kemudian Kementerian KoordMarves (layanan perizinan event), Kota Kediri (ASN Digital) dan Kemenag (Sihalal),” ujar Usman.

Kominfo saat ini terus mengupayakan seluruh data yang dimiliki tenan publik. Akhir bulan ini, belasan berkas ditarget selesai.

“Kita berharap setiap hari bertambah tenan atau kementerian atau lembaga yang pulih, sehingga kita berharap akhir bulan ini 18-an bisa recovery,” ucap Usman.

Baca juga : Gangguan Sistem Pusat Data Nasional Diduga Disebabkan Ransomware

Koordinasi dengan pihak terkait bakal terus dimaksimalkan. Pemulihan ditarget rampung semua secepatnya.

“Tentu kami (Kominfo,Telkom,BSSN) dan instansi terkait terus berupaya melakukan pemulihan secara cepat agar pelayanan publik dan akses publik kepada kementerian atau lembaga tidak terganggu terlalu lama,” tutur Usman.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat