visitaaponce.com

Komisi I DPR Panggil Menkominfo-BSSN Buntut PDN Diserang

Komisi I DPR Panggil Menkominfo-BSSN Buntut PDN Diserang
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid(Dok. Antara)

KOMISI I DPR RI akan memanggil Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) ihwal Pusat Data Nasional (PDN) yang diretas.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan, Menkominfo-BSSN dipanggil untuk memberikan penjelasan dan pendalaman soal ransomware yang menyerang server PDN.

“Kita perlu pendalaman, jadi besok penjelasan dari pemerintah, apa yang sudah dilakukan, baru kemudian kalau data sudah lengkap, evaluasi,” tegas Meutya di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (26/6).

Baca juga : Kominfo: 5 Pelayanan Publik yang Terimbas Serangan Ramsomwere Sudah Pulih

Meutya mendesak agar Menkominfo dan BSSN jangan saling menyalahkan dan seharusnya bertanggung jawab secara bersama-sama terkait adanya peretasan tersebut.

“Masalah belum beres kok malah jadi saling tuduh duluan. Saling tuduh itu kan perlu energi. Ngeberesin masalah ini perlu energy luar biasa. Jadi saran saya ini bersama-sama harus segera dibereskan. Tanggung Jawab dua-duanya,” tuturnya.

Meutya menyebut data bocor akibat adanya peretasan mengakibatkan banyak lembaga pemerintah yang terdampak. Maka dari itu, Meutya ingin Menkominfo dan BSSN duduk bersama untuk membahas cara membereskan hingga mitigasi ke depan.

Baca juga : Pengamat Minta Kominfo Jujur Terkait Kondisi Seluruh Data di PDNS Pascadiretas

Rencananya, Komisi I DPR akan temui Menkominfo dan BSSN pada Kamis sore sekitar pukul 16.00-17.00 WIB.

Sebelumnya, Meutya menuturkan saat ini pusat data nasional (PDN) yang sedang mengalami down sudah dilakukan pemulihan. Namun, kata Meutya, pemulihan hingga saat ini belum sempurna.

“Jadi kalau dibilang belum pulih betul, memang belum. Tapi dipulihkan secara berkala sudah ya,” ujar Meutya kepada wartawan di kawasan DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/6).

Komisi I, lanjut Meutya, masih menunggu penjelasan dari Kominfo terkait pemulihan tersebut.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat