visitaaponce.com

KSP Pemulihan Jaringan PDNS, 3 Layanan Sudah Dimigrasikan Datanya

KSP: Pemulihan Jaringan PDNS, 3 Layanan Sudah Dimigrasikan Datanya
Ilustrasi peretasan dengan ransomware(Dok. Freepik)

DEPUTI V Kepala Staf Kepresidenan Bidang Politik Hukum, Keamanan dan HAM Rumadi Ahmad mengatakan terkait dengan pemulihan jaringan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS), dari informasi yang pihaknya terima per malam ini, Kamis (27/6), tim Kominfo dan BSSN sedang melakukan migrasi data dari backup server yang ada di masing-masing kementerian lembaga (K/L) sektor dan cold-backup server di Batam sebagai mekanisme Disaster Recovery System.

"Saat ini ada 3 layanan yang sudah dimigrasikan datanya dan diharapkan layanan mulai pulih secara berangsur," kata Rumadi, dihubungi Kamis (27/6/2024).

Layanan ini antara lain Layanan Keimigrasian, Layanan Perizinan Event, dan Layanan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah di LKPP.

Baca juga : Komisi I DPR Panggil Menkominfo-BSSN Buntut PDN Diserang

"Untuk keimigrasian, kami sudah cek informasi di lapangan sudah berangsur pulih layanannya, dengan persentase pemulihan di atas 50%," kata Rumadi.

Pemerintah dalam hal ini Kemenkominfo dan BSSN sebagai lead sector akan bertanggung jawab sepenuhnya untuk memastikan layanan publik kembali dapat berjalan.

"Tentunya dengan dukungan berbagai pihak termasuk dari Telkom Sigma dan Lintasarta," kata Rumadi.

Pemerintah meminta maaf kepada publik dan terus akan melaporkan kepada Presiden untuk evaluasi menyeluruh terhadap tata kelola keamanan keamanan siber dan menjadikannya pembelajaran.

"Kami memohon maaf kepada publik atas terganggunya layanan Pusat Data Nasional yang berdampak kepada layanan masyarakat. Kami akan melaporkan kepada Presiden untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap sistem tata kelola dan keamanan data siber pemerintah, sehingga menjadi lesson learned dan mitigasi agar PDN dapat lebih aman," kata Rumadi. (Try/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat