visitaaponce.com

Server PDN Diretas, Komisi 1 Panggil Menkominfo

Server PDN Diretas, Komisi 1 Panggil Menkominfo
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi di gedung DPR RI.(Dok. MGN)

KOMISI I DPR RI panggil Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. Hal ini buntut insiden peretasan pada server Pusat Data Nasional (PDN). Budi tiba di Gedung Nusantara II DPR pada pukul 16.16 WIB. Ia mengenak batik lengan panjang berwarna cokelat.

Budi membenarkan rapat akan membahas gangguan PDN. Namun, ia enggan menjelaskan lebih lanjut terkait upaya Kominfo mengatasi persoalan tersebut.

"Nanti dulu ya," ujar Budi, di Kompleks DPR, Jakarta, Kamis, 27 Juni 2024.

Baca juga : Komisi I DPR Panggil Menkominfo-BSSN Buntut PDN Diserang

Budi bungkam saat ditanya adanya desakan dari masyarakat meminta mundur dari kursi menteri. Ia langsung masuk ke ruang rapat.

Sebelumnya, Kepala BSSN Letjen Hinsa Siburia menanggapi gangguan terhadap server PDN. Menurut dia, terganggunya server PDN adalah imbas serangan siber ransomware.

Hinsa menjelaskan Ransomware adalah pengembangan terbaru dari Ransomware lock bit 3.0. Dampak dari serangan server PDN cukup luas dan layanan keimigrasian menjadi yang paling terdampak.

Baca juga : Komisi I Klaim Pemulihan PDN Tengah Dilakukan Secara Berkala

Layanan imigrasi di sejumlah bandara internasional sempat terganggu. Seluruh autogate sempat tidak berfungsi, namun kini berangsur pulih.

Menkominfo, Budi Arie Setiadi, menyebut penyerang Server PDN meminta uang tebusan. Jumlahnya tak main-main USD8 juta atau sekitar Rp131 miliar.

"Iya menurut tim (minta) USD8 juta," kata Budi kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat