visitaaponce.com

Saham YG Entertainment Anjlok Gara-gara G-Dragon Keluar dari Agensi

Saham YG Entertainment Anjlok Gara-gara G-Dragon Keluar dari Agensi
Kabar keluarnya G-Dragon dari YG entertainment membuat saham perusahaan itu anjlok.(soompi)

SETELAH 17 tahun berkarir bersama YG Entertainment, kontrak eksklusif G-Dragon selesai. Kabar itu membuat saham YG Entertainment anjlok. 

Dalam hitungan dua hari setelah laporan kontrak G-Dragon, saham perusahaan turun 6.600 won (sekitar Rp76.000). Di mana sebelumnya mencapai 91.200 won (sekitar Rp1 juta) menjadi 84.600 won (sekitar Rp976 ribu), turun 7,14% dari hari perdagangan sebelumnya. Hari berikutnya terus jatuh ke 81,300 won (sekitar Rp938 ribu), turun 3,19%. 

Total penurunan saham dalam dua hari mencapai 10,33%. Penurunan ini mengakibatkan kerugian sebesar 170 miliar won (sekitar Rp2 triliun) dari kapitalisasi pasar YG Entertainment yang saat ini mencapai 1.53 triliun won (sekitar Rp17 triliun).

Baca juga: Yoo Ah-in Positif 7 Jenis Narkoba dan Membantu Melarikan Youtuber Keluar Korea Selatan

Kekhawatiran pemegang saham itu bukan tanpa alasan. Pasalnya G-Dragon merupakan artis yang menangkat perusahan tersebut ke Big 3 Korea Selatan. Tidak hanya itu kegelisahan perusahan itu tampak setahun sebelumnya ketika Big Bang merilis Still Life. Banyak yang mengartikan single tersebut sebagai perpisahan mereka. 

Merespon pemberitaan itu, perwakilan dari YG membenarkan kontrak eksklusif G-Dragon sudah berakhir. "Kami saat ini sedang mendiskusikan berbagai opsi termasuk kontrak parsial untuk aktivitasnya di bidang-bidang seperti iklan. Jika sang artis ingin melanjutkan promosinya sebagai musisi di dalam waktu dekat, kami berencana untuk menegosiasikan kontrak baru dengannya dan menawarkan dukungan penuh agensi kepadanya."

Baca juga: Comeback Juli, TXT Rilis Video dengan Vokalis OneRepublic

YG Entertainment tidak percaya G-Dragon akan meninggalkan agensi untuk mencari peluang di tempat lain. Sebaliknya, soal perpanjangan kontrak eksklusifnya tetap bergantung pada rencana artis untuk melanjutkan aktivitas musik.

Diketahui G-Dragon mereupakan  satu dari lima anggota Big Bang yang diperkenalkan pertama kali pada 2006 oleh YG. Kontrak anggota Big Bang, T.O.P dan Daesung sudah berakhir kurang dari setahun. 

Spekulasi keluarnya G-Dragon munculsaat laporan bisnis perusahaan kuartal pertama tahun 2023. Di mana nama penyanyi itu tidak muncul dalam daftar artis dengan kontrak ekslusif. 

Pada Senin (5/6), YG Entertainment secara singkat berkomentar bahwa tidak adanya nama G-Dragon dari daftar artis agensi adalah karena "kesalahan sistem". Laporan outlet media baru pada Selasa (6/6) mengonfirmasi bahwa kontrak eksklusif anggota Big Bang dengan YG sekarang telah kadaluarsa. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat