visitaaponce.com

Terungkap, G-Dragon Cukur Seluruh Tubuh sebelum Tes Narkoba

Terungkap, G-Dragon Cukur Seluruh Tubuh sebelum Tes Narkoba
Penyanyi G-Dragon diketahui mencukur seluruh rambut tubuhnya sebelum jalani tes narkoba(AFP)

G-DRAGON Big Bang dilaporkan telah mencukur seluruh rambut tubuhnya sebelum menghadiri pemanggilan polisi pada Senin (6/11) terkait dugaan kasus narkoba. Pada hari tersebut, G-Dragon secara sukarela tampil di penyelidikan pertama yang dilakukan oleh Divisi Investigasi Kejahatan Narkoba Kepolisian Metropolitan Incheon dan hasil tes narkoba sederhana menunjukkan negatif, memperkuat klaim ketidakbersalahannya.

Namun, beberapa hari kemudian terungkap bahwa G-Dragon mencukur seluruh tubuhnya kecuali rambutnya, menimbulkan kecurigaan bahwa dia berupaya menghindari tes narkoba. Praktik ini sebelumnya dilakukan oleh tokoh publik lain seperti Park Yoo-chun dan Robert Holley dalam konteks serupa.

G-Dragon membantah tuduhan ini, menyatakan kepada polisi bahwa dia mencukur rambutnya sebagai kebiasaan biasa dan bukan untuk menghindari penyelidikan. Meskipun tes narkoba sederhana dapat memberikan hasil yang akurat, penggunaan narkoba dalam rentang 5 hingga 10 hari terakhir, dalam beberapa kasus, diperlukan tes rambut untuk informasi yang lebih rinci. Namun, karena G-Dragon tidak memiliki rambut tubuh, polisi memutuskan untuk mengambil sampel kuku sebagai alternatif. 

Baca juga: Mobil BMW Seri i7 xDrive 60 yang Digunakan G-Dragon ke Kantor Polisi Laku Keras

Polisi mencurigai G-Dragon berupaya menghancurkan bukti dengan mencukur rambut tubuhnya, dan mereka berencana untuk memperluas penyelidikan guna mengamankan bukti lainnya. Mereka juga akan memanggil G-Dragon kembali setelah menerima hasil pemeriksaan terperinci dari Layanan Forensik Nasional.

Biasanya, tes narkoba sederhana memberikan hasil dengan akurasi 100%, tetapi hanya dapat mendeteksi obat-obatan yang dikonsumsi 5 hingga 10 hari yang lalu. Oleh karena itu, penyelidikan narkoba seringkali membutuhkan tes rambut tubuh selain tes urine. 

Baca juga: Hasil Tes Narkoba G-Dragon Negatif

Pemeriksaan kuku dapat mengungkap penggunaan narkoba dari sekitar 5 hingga 6 bulan yang lalu dan mendeteksi zat seperti methamphetamine atau ecstasy. Dalam kasus rambut, penggunaan narkoba dapat dianalisis hingga satu tahun tergantung pada panjangnya. Namun, untuk orang seperti G-Dragon yang sering mewarnai atau mencerahkan rambut mereka karena sifat pekerjaan mereka, lebih sulit mendeteksi semua zat narkoba.

Sampai saat ini, hasil uji dari sampel kuku dan folikel rambut yang dikirim ke laboratorium forensik masih menunggu pengumuman. Penyidikan lebih lanjut akan dilakukan setelah penerimaan hasil tersebut untuk memutuskan langkah selanjutnya dalam kasus ini. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat