visitaaponce.com

5 Fakta Film Monster Hirokazu Koreeda, Tayang di Bioskop Indonesia 3 Januari 2024

5 Fakta Film Monster Hirokazu Koreeda, Tayang di Bioskop Indonesia 3 Januari 2024
Poster film Monster karya surtadara Jepang, Hirokazu Kore-eda.(Dok. IMDB)

FILM terbaru sutradara Hirokazu Kore-eda, Monster, akan mulai tayang di jaringan bioskop Indonesia mulai 3 Januari 2024. Berikut beberapa fakta menarik tentang film tersebut.

1. Memenangkan Skenario Terbaik di Cannes Film Festival 2023

Biasanya, sutradara asal Jepang, Hirokazu Kore-eda menulis skenario filmnya sendiri. Namun, di film terbarunya, Monster, dirinya berkolaborasi dengan penulis skenario Yuji Sakamoto. Ini juga menandai pertama kalinya sejak 1995 untuk film Maborosi, Kore-eda berkolaborasi dengan penulis lain di film yang disutradarainya.

Film Monster pun memenangkan Queer Palm dan skenario terbaik di Cannes International Film Festival 2023.

Baca juga: Ini Adegan Paling Rumit di Film 13 Bom di Jakarta

2. Produksi Dijeda dengan Film Broker

Kore-eda pertama kali membaca skenario yang ditulis Sakamoto pada tahun 2018. Tapi rencana produksi terganggu oleh pandemi covid-19. Hal ini lalu membuat Kore-eda menunda produksi Monster. Ia kemudian menyutradarai film di Korea, Broker. Menurut Kore-eda, penundaan yang tidak terduga itu pada akhirnya memperkuat film tersebut, karena ia dan Sakamoto dapat menyempurnakan skenarionya.

3. Kore-eda Berkonsultasi dengan Komunitas LGBTQ

Atas penundaan produksi Monster, hal itu juga memberikan waktu lebih banyak bagi sang sutradara untuk lebih memahami konteks dalam cerita yang mengangkat tentang spektrum identitas gender anak-anak.

Baca juga: Cuplikan Pertama Film Kisah Nyata Pemandi Jenazah Dirilis

Ia berkonsultasi dengan komunitas LGBTQ untuk mendapat saran tentang bagaimana merepresentasikan perjalanan penemuan diri dalam anak-anak. Kore-eda mendapat saran agar ia dan para kru memutuskan apakah anak laki-laki itu sadar bahwa mereka gay, atau tidak - pilih salah satu, alih-alih memiliki perasaan campur aduk seperti yang mereka lihat dalam naskah.

4. Sinopsis Monster

Monster berkisah tentang dua anak laki-laki yang terasing, Minato (S?ya Kurokawa) dan Yori (Hinata Hiiragi), yang memiliki cinta terlarang. Keduanya dikelilingi oleh orang-orang dewasa yang bermaksud baik, namun salah arah, yang berjuang untuk memahami sifat hubungan mereka.

5. Diputar di JAFF

Monster tayang perdana (world premiere) di Festival Film Internasional Cannes 2023. Di Indonesia, sebelum tayang reguler pada 3 Januari 2024 di jaringan bioskop, film telah lebih dulu tayang di festival film Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2023.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat