visitaaponce.com

Armorer di Film Rust Dinyatakan Bersalah

Armorer di Film Rust Dinyatakan Bersalah
Armorer di film Rust, Hannah Gutierrez(AFP/Luis Sánchez Saturno)

PEREMPUAN yang bertanggung jawab atas senjata api di film yang dibintangi Alec Baldwin, Rust, ketika seorang sinematografer tewas tertembak, dinyatakan bersalah melakukan pembunuhan tidak disengaja, Rabu (6/3).

Juri di pengadilan New Mexico membutuhkan waktu 2 jam untuk memutuskan Hannah Gutierrez bersalah atas kematian Halyna Hutchins pada Oktober 2021 saat syuting film Western itu.

Pengadilan selama 10 hari menemukan bahwa Gutierrez, orang yang bertanggung jawab atas penggunaan peluru tajam di set, melanggar aturan di industri perfilman.

Baca juga : Persidangan Dimulai untuk Penanggung Jawab Senjata di "Rust" terkait Pembunuhan Fatal

Pengadilan mendengar penryataan bahwa Gutierrez berulang kali gagal menjalankan aturan keamanan dasar, membiarkan senjata api bergeletakan, dan mengizinkan para aktor, termasuk Baldwin, mengacung-acungkan senjata api berisi.

"Ini bukan kasus ketika Hannah Gutierrez melakukan satu kesalahan dan kesalahan itu adalah memasukkan peluru tajam ke dalam senjata api itu," ujar jaksa Kari Morissey kepada juri di argumen penutupnya, Rabu (6/3).

"Ini adalah kasus dimana kesalahan berulang menyebabkan kematian seorang manusia dan seorang lainnya nyaris meninggal dunia," lanjutnya.

Baca juga : Syuting Film Rust Dilanjutkan Pekan Ini.

Hutchins terkena tembakan peluru tajam dari pistol Colt .45 yang digunakan Baldwin untuk adegan di dalam sebuah gereja di New Mexico. Sutradara Joel Souza terluka terkena peluru yang sama.

Baldwin berulang kali menegaskan dirinya tidak besalah karena tidak pernah menarik pelatuk pistol tersebut.

Namun, penyelidikan balistik membantah klaim Baldwin itu setelah menemukan senjata api tidak akan meletus jika pelatuknya tidak ditarik.

Sidang dengan Baldwin menjadi terdakwa akan digelar pada Juli mendatang.

Tragedi itu mengejutkan Hollywood dan memicu pelarangan penggunaan senjata api di lokasi syuting. (AFP/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat