visitaaponce.com

Selebriti Bersuara dengan Pin Merah di Oscar 2024 untuk Gencatan Senjata di Gaza

Selebriti Bersuara dengan Pin Merah di Oscar 2024 untuk Gencatan Senjata di Gaza
Sejumlah selebriti ternama seperti Billie Eilish, Mark Ruffalo, dan Ramy Youssef mengenakan pin merah sebagai dukungan gencantan senjata(AFP)

BILLIE Eilish, Finneas, Mark Ruffalo, Ava DuVernay, Ramy Youssef, dan Quannah Chasinghorse adalah beberapa selebriti terbaru yang memakai pin kerah merah seragam di Academy Awards. Meskipun tidak berjalan di karpet merah, aktor Mahershala Ali juga mengenakan salah satu pin tersebut saat membantu memperkenalkan nomine untuk penghargaan Aktor Pendukung Terbaik tahun ini. 

Namun, apa artinya?

Dengan menampilkan gambar kontur tangan di sekitar hati hitam, pin tersebut menyerukan gencatan senjata dalam perang Israel-Hamas, yang otoritas kesehatan Palestina menyebutkan telah menyebabkan 30.000 kematian di Gaza sejak Oktober. 

Baca juga : Kanselir Jerman Serukan Gencatan Senjata di Jalur Gaza selama Ramadan

Lebih dari 400 selebriti bergabung dengan Artists4Ceasefire, kampanye yang pada akhir Oktober mengeluarkan surat yang mendesak Kongres AS dan Presiden Joe Biden untuk meminta gencatan senjata segera di Gaza dan Israel.

Dalam pernyataan pers, Artists4Ceasefire mengatakan: "Pin ini melambangkan dukungan kolektif untuk gencatan senjata segera dan permanen, pembebasan semua tawanan, dan pengiriman bantuan kemanusiaan yang mendesak kepada warga sipil di Gaza."

Tetapi berbeda dengan aksesori simbolis lainnya seperti gerakan Time's Up, yang menjadi lazim di acara penghargaan pada 2018 untuk menunjukkan dukungan terhadap korban pelecehan seksual, pin gencatan senjata hanya terlihat pada beberapa selebriti di karpet merah belakangan ini. 

Baca juga : Billie Eilish dan Finneas O'Connell Pecahkan Rekor Sebagai Pemenang Termuda Oscar

Di Grammy Awards tahun ini, Boygenius dan Annie Lennox dengan mencolok mengenakan pin tersebut, dengan Lennox memohon untuk gencatan senjata dan perdamaian di atas panggung.

Di karpet merah Oscar pada hari Minggu, Youssef, seorang pelawak dan aktor yang bermain di "Poor Things" bersama Ruffalo dan Emma Stone, menyatakan frustrasinya dengan kurangnya momentum untuk mengakhiri perang.

"Tidak ada rute lain," kata Youssef kepada Variety tentang seruan gencatan senjata. "Sudah begitu lama... Itulah yang kami semua dorong semua orang untuk bersuara tentangnya."

Selebriti lain yang menandatangani surat Artists4Ceasefire termasuk Cate Blanchett, Ben Affleck, Jennifer Lopez, Bradley Cooper, dan America Ferrera. (CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat