visitaaponce.com

Tanpa Kru Panggung, Duo Eksperimental Asal Bandung Kuntari Tur ke 9 Negara Eropa

Tanpa Kru Panggung, Duo Eksperimental Asal Bandung Kuntari Tur ke 9 Negara Eropa
Kuntari berkesempatan untuk kembali menjajal tur luar negeri.(Dok.Kuntari)

MELANJUTKAN kesuksesan Japan Tour 2023 yang diselenggarakan di tujuh titik pada bulan Mei, duo eksperimental asal Bandung, Kuntari berkesempatan untuk kembali menjajal tur luar negeri. Kali ini secara perdana duo yang digawangi Tesla Manaf dan Rio Abror ini akan tampil di panggung di Eropa sepanjang Maret–April.

Tur di Eropa berlangsung selama 35 hari dengan total 30 panggung yang tersebar di 25 kota dan 9 Negara. Belanda, Jerman, Perancis, Denmark, Belgia, Italia, Lituania, Polandia dan Republik Ceko menjadi titik kunjungan Kuntari. Tur akan dimulai University of Amsterdam, Amsterdam, Belanda pada 26 Maret lalu ditutup juga di negara tersebut pada 30 Maret di Th Sun Studio.

Membawa genre Primal-Core (musik primal dengan attitude hardcore), Kuntari akan membawakan materi album Larynx (2022) untuk dimainkan di publik Eropa. Mereka di antaranya juga akan menyambangi beberapa tempat legendaris seperti ALICE di Copenhagen, Denmark dan LOFTAS di Vilnius, Lithuania.

Baca juga : 5 Tips Kuntari Band dan Musisi Bisa Tur ke Luar Negeri Secara Mandiri

“Banyaknya permintaan teman-teman di Eropa untuk tampil di negara mereka, membuat saya nekat melakukan semua secara mandiri sejak Oktober 2023. Teman-teman yang tersebar di 9 negara ini berbaik hati menyarankan venue terbaik di kotanya dan dari situlah tawaran panggung jadi banyak,” kata Tesla Manaf dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, Rabu, (20/3/2024).

Dalam tur ke Eropa, Kuntari tanpa ditemani tim kru panggung maupun tim kru dokumentasi demi efisiensi. Tesla dan Abror hanya berdua demi efisiensi. Efisiensi ini juga dilakukan saat Kuntari melakukan tur Jepang 12 hari 12 panggung.

Tur Eropa ini dilaksanakan tanpa melalui jasa booking agent. Tesla selaku salah satu dari personel dan manajer Kuntari mengungkapkan kalau dirinya secara pribadi mengirimkan email ke lebih dari 100 venue di seluruh Eropa. Hal ini sempat Tesla bagikan via akun X (Twitter) pribadinya, berupa untaian utas bersambung kiat-kiat bagi musisi yang ingin melakukan tur panjang luar negeri. Dari cara membuat press kit, email, menentukan rute, memilih venue dan sebagainya.

Tentang tur luar negeri yang kerap ia jalani, Tesla Manaf berpendapat, “Menurut saya, inklusivitas itu segalanya. Band Indonesia banyak yang bagus dan publik dunia mesti dengar. Biar enggak bingung harus mulai dari mana, saya share aja semua cara-caranya.”

Perjalanan tur Eropa ini didanai program Dana Indonesiana dan didukung Grimloc Records, Maternal, Orange Cliff Records dan ArteTetra selaku penyelenggara di Italia. Seminggu setelah tur Eropa, Kuntari akan melanjutkan perjalanan tur ke Jepang pada pertengahan Mei 2024. Mereka dijadwalkan bermain di 6 panggung di negara Sakura tersebut. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat