visitaaponce.com

Netizen Serukan Boikot Usai MUI Sebut Film Kiblat tidak Pantas Tayang

Netizen Serukan Boikot Usai MUI Sebut Film Kiblat tidak Pantas Tayang
Poster Film Kiblat(Dok.Parfi.or.id)

KETUA Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis meminta film berjudul Kiblat yang dibuat rumah produksi Leo Pictures diturunkan dan dilarang tayang di bioskop tanah air. Kendati belum melihat film, Cholil mempertanyakan kombinasi poster yang seram dengan judul Kiblat, yang hanya memiliki satu arti. 

“Saya tak tahu isi filmnya maka belum bisa komentar. Tapi gambarnya seram ko’ judulnya kiblat ya. Saya buka-buka arti kiblat hanya ka’bah, arah menghadapnya orang-orang shalat,” tulis Cholil melalui akun Instagram pribadinya @cholilnafis, pada Minggu (24/3). 

Cholil melanjutkan, jika dugaannya benar bahwa kiblat yang dimaksud adalah arah menghadapnya umat Muslim saat salat, film ini merupakan kampanye hitam terhadap ajaran agama. 

Baca juga : Hukum Merayakan Valentine oleh Umat Muslim Menurut Hadis dan Ulama

“Kalau ini benar, sungguh film ini tak pantas diedar dan termasuk kampanye hitam terhadap ajaran agama maka film ini harus diturunkan dan tak boleh tayang,” katanya. 

Menurut Cholil, promosi sensitif dan kontroversi digunakan dengan tujuan menarik perhatian banyak penonton. 

“Acapkali menggunakan promosi sensitif dan kontroversi agar menarik perhatian dan banyak penonton. Tapi kalau menyinggung agama biasanya malah tak boleh ditonton,” tutur Cholil

Baca juga : Kopitiam dari Singapura Heavenly Wang Telah Bersertifikat Halal

Reaksi keagamaan, kata Cholil, seringkali dipermainkan oleh pebisnis untuk meraup keuntungan. Dia pun menyampaikan pesan untuk melawan praktik semacam ini. 

“Seringkali reaksi keagamaan dimainkan oleh pebisnis untuk meraup untung materi. Yang gini tak boleh dibiarkan harus dilawan,” pungkas Cholil. 

Di kolom komentar unggahan ini, banyak netizen mengungkapkan persetujuan untuk tidak menonton film ini, seraya mengumandangkan seruan Boikot. 

Baca juga : MUI Imbau Umat Saling Menghormati Perihal Perbedaan Idul Adha

“Kasih boycott aja Pak Kyai, biar pada belajar jadi seniman yang bener,” komentar seorang netizen. 

“Ayo boikot enggak tonton, biar pada enggak kebiasaan bikin film begini,” timpal yang lainnya. 

Sebagai informasi, film Kiblat sendiri memang belum tayang di bioskop. Pun demikian, film yang dibintangi oleh Youtuber Ria Ricis ini telah diunggah trailernya sejak Kamis (21/3) di akun YouTube CGV Kreasi.

Film ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Ainun yang ingin mengenal lebih dekat ayahnya yang telah meninggal. Dalam proses mengenal ini, Ainun mengetahui fakta bahwa ayahnya menyebarkan sebuah ajaran semasa hidup. 

Dia pun memasuki ajaran tersebut. Mulai dari situ, Ainun mendapatkan pengalaman mistis seperti diganggu makhluk halus. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat