visitaaponce.com

Saint Levant, Rapper Palestina Debut di Coachella

Saint Levant, Rapper Palestina Debut di Coachella
Saint Levant(AFP)

SAINT Levant, rapper Palestina-Prancis-Aljazair-Serbia yang menjadi viral secara online, melakukan debutnya di Coachella pada akhir pekan. Ia membawakan irama yang sangat menarik dan solidaritas Palestina ke atas panggung.

Pemain berusia 23 tahun ini memainkan set yang dijadwalkan pada waktu yang bertentangan dengan reuni No Doubt yang sangat dinantikan. Namun tetap memenuhi Tenda Gobi di festival gurun tersebut, di mana ia memainkan lagu-lagu hits dan karya barunya di hadapan lautan penggemar, banyak yang berolahraga keffiyeh dan melambaikan Bendera Palestina.

“Ada begitu banyak orang yang ingin kami temui pada saat yang sama – tapi ini adalah tujuan kami 100%,” Mustafa Arch, pengunjung festival Suriah-Lebanon berusia 32 tahun, mengatakan kepada AFP setelah lokasi syuting.

Baca juga : So Sweet, Momen Perpisahan Sandera Maya Regev dan Pejuang Hamas 

“Bebaskan Palestina – kami sangat senang berada di sini, ini mungkin hari terbaik di akhir pekan bagi kami. Kami akan terus mewakili seluruh akhir pekan,” kata Arch.

Serangan Israel di Gaza yang dimulai setelah serangan Hamas pada 7 Oktober telah menewaskan puluhan ribu orang dan membuat lebih banyak lagi pengungsi.

Sekitar 1,5 juta orang mengungsi di kota selatan Rafah, menurut PBB, yang mengatakan Israel memblokir konvoi bantuan pangan karena bencana kelaparan akan segera terjadi.

Baca juga : Kocak! Israel Temukan Daftar Anggota Hamas, Padahal Nama Hari Berbahasa Arab

“Coachella, nama saya Saint Levant dan saya lahir di Yerusalem dan dibesarkan di Gaza,” kata artis tersebut kepada penonton yang bersorak. 

“Saya harap Anda semua sadar, rakyat Gaza telah mengalami genosida yang brutal selama enam bulan terakhir. Dan rakyat Palestina telah menjalani pendudukan brutal selama 75 tahun terakhir.”

"Bukan hanya saya saja yang tampil di atas panggung, tapi seluruh dunia Arab yang tampil di atas panggung."

Baca juga : Viral Buah Semangka dan Palestina, Berikut 3 Faktanya

Tidak ada jalan untuk kembali

Artis kelahiran Marwan Abdelhamid ini banyak menghabiskan masa kecilnya di Jalur Gaza.

Pada 2007 dia dan keluarganya melarikan diri ke Yordania, tempat dia tinggal selama kurang lebih satu dekade sebelum pindah ke California.

Lagu rap tiga bahasa Saint Levant "Very Few Friends" menjadi viral setelah ia merilisnya pada November 2022, dan "From Gaza With Love" tahun 2023 juga mendapatkan basis penggemar yang berkembang.

Baca juga : Hamas Tuntut Janji Tertulis Israel

Pada set hari Sabtu dia menampilkan karya baru "Deira" dan "5am in Paris;" dia merilis yang terakhir beberapa hari yang lalu.

“Ini tentang pengasingan,” katanya kepada penonton Coachella.

“Perasaan yang kami, orang Palestina, ketahui dengan baik.”

Artis tersebut mengatakan akan segera merilis proyek yang lebih luas yang disebut "Deira", yang diambil dari nama sebuah hotel yang dibangun ayahnya yang dibom dalam beberapa bulan terakhir.

Berbicara kepada AFP setelah lokasi syuting, Yara Brenton, 43, menyebutnya “luar biasa” melihat sesama warga Palestina di atas panggung.

Penampilan Saint Levant mengikuti pertunjukan tahun lalu dari Elyanna, seorang Palestina-Chili yang menjadi orang Palestina pertama yang tampil di Coachella.

"Saya ingat datang ke Coachella beberapa tahun yang lalu, tidak ada yang seperti ini. Saya tidak pernah melihat diri saya terwakili dalam hal populer apa pun," kata Brenton. “Ini sangat berarti, dan sangat berarti melihat begitu banyak anak muda yang juga antusias terhadap hal ini.”

Dia memuji Saint Levant yang blak-blakan mengenai perjuangan Palestina di atas panggung, dan mengatakan bahwa "beberapa tahun yang lalu, hal ini tidak akan baik-baik saja."

“Ada lebih banyak orang yang mengetahui tentang Palestina” saat ini, kata Brenton.

"Dan menurut saya, tidak ada jalan untuk kembali dari kesadaran ini." (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat