visitaaponce.com

UI Gelar UTBK 2020 Sesuai SOP Covid-19

UNIVERSITAS Indonesia (UI) menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 sesuai standar operasional (SOP) covid-19, Minggu (5/7).

Ketua UTBK UI, Rosari Saleh menjelaskan, semua peserta wajib menggunakan masker, menjalani pengecekan suhu sebelum masuk ruangan dan penyemroptan cairan disinfektan ke tangan peserta.

“Kita telah menyusun ruang ujian dengan jarak minimal 1,5 meter antara satu peserta dengan peserta lainnya,” kata Rosari Minggu (5/7).

Sebagai penyelenggara dengan total peserta ujian 1.440 orang per hari, UI tidak main-main menegakan protokol kesehatan dan menambah beberapa syarat teknis pada peserta. 

Di antaranya dengan larangan pengantar menunggu selama ujian berlangsung dan hanya diperkenankan drop off untuk menghindari kerumunan.

“Panitia juga bersiap dengan masker, face shield dan sarung tangan. Panitia akan memeriksa suhu tubuh peserta dan menyemprotkan cairan disinfektan ke tangan peserta, sebelum mereka memasuki ruangan,” katanya.

Baca juga: Tubuhnya Panas Satu peserta UTBK di Unhas Dilarang Ikut Ujian

Selain itu pihaknya juga menyediakan kendaraan kesehatan (ambulance) yang disiagakan untuk mengantisipasi adanya peserta yang sakit agar bisa dilakukan pertolongan pertama dengan mengirim pasien ke Klinik Makara UI.

"Bila peserta yang jatuh sakit dan kemudian tidak dapat melanjutkan proses ujian, maka kami akan langsung melaporkannya kepada Panitia LTMPT Pusat, agar peserta dapat memperoleh jadwal terbaru untuk melaksanakan UTBK di hari yang berbeda."

"Semua hal sudah diantisipasi sesuai protap dari LTMP Pusat dan disimulasikan terus menerus oleh Direktorat Penerimaan Mahasiswa Baru berkoordinasi dengan semua civitas yang terlibat termasuk koordinasi dengan Satpol PP Depok dan Kepolisian untuk memastikan penegakan protokol kesehatan,” ucapnya.

Sebagai informasi, pelaksanaan UTBK di UI dilakukan di dua lokasi kampus berbeda yakni Kampus UI Jalan Salemba, Jakarta Pusat dan Kampus UI Jalan Margonda, Beji, Kota Depok.

Total peserta ujian di Kampus UI Kota Depok ialah 720 peserta untuk setiap sesi. Mereka dibagi dalam 40 ruangan yang sudah disterilisasi sebelumnya.

Sementra di Kampus UI Jalan Salemba, Jakarta Pusat terdapat 380 peserta, per sesinya terdiri atas 190 orang, yang mengisi 12 ruangan. (A-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Dwi Tupani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat