visitaaponce.com

PVMBG Imbau Masyarakat di Kawasan Merapi Waspada Lahar Panas

PVMBG Imbau Masyarakat di Kawasan Merapi Waspada Lahar Panas
Erupsi Gunung Merapi(Antara/Hendra Nurdiyansyah)

KEPALA Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kasbani mengimbau masyarakat di Kawasan Gunung Merapi untuk waspada terkait lahar panas dari semburan Guung Merapi.

"Jika terkait dengan lahar, lahar ini kan material vulkanik yang terkena hujan dan saat ini material vulkanik tersebut sudah banyak di beberapa tempat seperti di aliran Kali Boyong ada potensi lahar," kata Kasbani saat dihubungi, Rabu (27/1).

Masyarakat yang berada di sekitar lembah supaya menghindari potensi lahar tersebut. Meski begitu, Kasbani imbau masyarakat harus tetap tenang dengan mengikuti arahan dari petugas terkait dan harus lihat jarak aman serta antisipasi potensi lahar karena material vulkanik sudah ada di lembah-lembah.

Baca juga : Gunung Merapi Erupsi Besar, Begini Penjelasan BPPTKG 

"Material vulkanik seperti lahar itu akan bisa ikut turun karena aliran sungai dan hujan mengikuti sehingga mengikuti aliran sungai," ujarnya.

Selain itu masyarakat juga harus waspada terkait guguran awan panas yang masih sangat intens hingga kini kurang lebih sudah 40 kali terjadi.

"Jarak aman masih 5 kilometer (Km). Kami akan tetap memantau perkembangan Gunung Merapi ini. PVMBG sendiri juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait guguran awan panas ini," ucapnya. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat