visitaaponce.com

PBI akan Daftarkan 2 Kebaya Ini Jadi Warisan Dunia UNESCO

PBI akan Daftarkan 2 Kebaya Ini Jadi Warisan Dunia UNESCO
Ketua Umum PBI Rahmi Hidayati(Dok. PBi)

KEBAYA Kartini dan Kebaya Kutubaru akan didaftarkan organisasi Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) bersama seluruh komunitas pecinta kebaya sebagai warisan dunia tak benda kepada UNESCO. Pengajuan akan dilakukan pada 31September mendatang dan ditargetkan 1,5 tahun kemudian masuk dalam jajaran warisan dunia UNESCO.

Ketua PBI Rahmi Hidayati mengatakan, sebelum diajukan ke UNESCO, kebaya akan dicatatkan terlebih dahulu dalam catatan warisan budaya nasional. Setelah itu, barulah didaftarkan ke UNESCO sebagai warisan dunia.

“Sejak pendaftaran sampai diumumkan itu makan waktu sekira 1,5 tahun lamanya,” ujar Rahmi dalam Kongres Berkebaya Nasional (KBN) 2021, Kamis (1/4). KBN 2021 juga digelar secara daring pada 5 dan 6 April mendatang.

Baca juga : Jokowi Ingatkan Tantangan Lembaga Penyiaran di Masa Pandemi

Ada dua jenis kebaya yang siap diajukan sebagai warisan dunia tak benda, yakni kebaya Kartini dan kutubaru. Kebaya jenis lain, yakni kebaya encim, telah lebih dulu didaftarkan Pemerintah DKI Jakarta dalam situs warisan budaya nasional.

Perkembangan kebaya saat ini sudah demikian pesat. Banyak kreativitas yang lahir dari budaya berkebaya, termasuk jenis dan modelnya yang beraneka ragam. Lebih dari itu, kebaya telah menjadi bagian dari nafas industri kreatif di Indonesia.

“Jadi bicara kebaya masa kini, bukan lagi sekedar pakaian adat tradisional milik etnis tertentu, tapi lebih dari itu, bicara juga masalah pemberdayaan ekonomi dan industri kreatif,” pungkas Rahmi (RO/OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat