visitaaponce.com

Dikti Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan akan Terus Diperkuat

Dikti: Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan akan Terus Diperkuat
Ilustrasi(Medcom.id)

PEMERINTAH terus berkomitmen meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan di Indonesia salah satunya dengan mengeevaluasi dan peningkatan mutu dari penguatan kompetensi.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbudristek RI Nizam, saat meninjau pelaksanaan uji kompetensi profesi Ners di Laboratorium Komputer Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran di Jatinangor, Sabtu (22/5).

Menurut Dirjen Dikti, sistem penguatan kompetensi di pendidikan kesehatan sudah baik. Salah satu yang sudah berjalan mapan adalah pelaksanaan uji kompetensi. Hanya saja, evaluasi dan proses peningkatan mutu wajib terus dilakukan.

"Jika selama ini angka ketidaklulusan peserta uji kompetensi tenaga kesehatan masih tinggi, saat ini semakin banyak peserta yang mampu lulus ujian,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Ke depan, lanjutnya, model uji kompetensi tenaga kesehatan akan terus dievaluasi. Model tersebut diharapkan lebih memudahkan tenaga kesehatan untuk membangun kompetensinya. Di sisi lain, model ini juga mendorong fakultas rumpun kesehatan bisa memastikan calon tenaga kesehatan mendapatkan kompetensi yang diperlukan.

“Model ini sedang kita lakukan, diharapkan bisa menjadi penguat mutu bagi pendidikan kesehatan,” tandasnya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat