visitaaponce.com

Menkes Lima Rumah Terpapar Covid-19, Satu RT akan Lockdown

Menkes: Lima Rumah Terpapar Covid-19, Satu RT akan Lockdown
Wilayah di Cilangkap, Jakarta Timur, yang menerapkan lockdown skala mikro.(MI/Vicky Gustiawan)

PRESIDEN Joko Widodo memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk melakukan tes covid-19 secara massal. Khususnya, di kawasan yang sudah teridentifikasi kasus positif.

Mengingat, ada begitu banyak klaster keluarga, yang kemudian merambat ke lingkungan sekitar. "Nanti satu RT akan kita tes semua untuk bisa memastikan siapa yang terkena, siapa yang tidak," ujar Budi seusai rapat terbatas yang dipimpin Kepala Negara secara virtual, Senin (21/6).

Baca juga: Besok, PPKM Mikro Diperketat, Perkantoran Kembali WFH 75%

Apabila dalam suatu RT ditemukan lima rumah yang terinfeksi covid-19, lanjut dia, akan dilakukan penyekatan total di wilayah tersebut. Personel TNI-Polri juga disiagakan demi memastikan pembatasan mobilitas warga berjalan baik.

Budi mengatakan jika daerah tersebut tidak termasuk kawasan padat penduduk, isolasi mandiri bagi warga positif covid-19 bisa dilakukan di rumah masing-masing. Namun jika terjadi sebaliknya, isolasi mandiri harus dilakukan secara terpusat di tempat yang disediakan kelurahan/kecamatan setempat.

Baca juga: Bila Kasus Covid-19 Terus Naik PERSI Isyaratkan Tolak Pasien

"Tidak perlu ke tempat besar seperti Wisma Atlet," imbuh Budi.

Dia juga meminta pemerintah daerah untuk mengeluarkan imbauan kepada masyarakat, agar membantu warga yang menjalani isolasi mandiri. "Orang yang diisolasi selama dua minggu harus kita cukupi dengan droping makanan. Utamanya menggunakan mekanisme gotong royong dari masyarakat sekitar. Ini merupakan kekuatan rakyat, yaitu modal untuk saling membantu," pungkasnya.(OL-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat