visitaaponce.com

Aksi Protes Kebijakan Covid-19 Meluas di Wilayah Tiongkok

Aksi Protes Kebijakan Covid-19 Meluas di Wilayah Tiongkok
Warga di Beijing, Tiongkok, melakukan aksi protes terhadap kebijakan covid-19.(AFP)

RATUSAN pengunjuk rasa dan petugas kepolisian terlibat bentrok dalam aksi protes kebijakan covid-19 di Shanghai. Dalam beberapa hari terakhir, warga di sejumlah wilayah Tiongkok memprotes pembatasan ketat akibat kasus covid-19.

Demonstrasi besar yang belum pernah terjadi di Tiongkok sejak Presiden Xi Jinping mengambil alih kekuasaan satu dekade lalu, berlangsung setelah 10 orang tewas dalam kebakaran di Urumqi, yakni Ibu Kota Xinjiang. Warga menuding insiden itu tidak lepas dari lamanya kebijakan lockdown.

Baca juga: Peningkatan Kasus Virus Covid-19 Hantam Ekonomi Tiongkok

Kematian telah menjadi penangkal rasa frustrasi atas komitmen teguh Beijing terhadap zero kasus covid-19. Serta, kombinasi dari penguncian yang ketat, pengujian massal dan pelacakan yang terus menghambat kehidupan warga, setelah kasus pertama covid-19 terdeteksi di Wuhan.

“Saya di sini karena saya mencintai negara saya, tetapi saya tidak menyukai kebijakan pemerintah. Saya ingin keluar dengan bebas, namun  sulit dilakukan sampai saat ini," tutur Shaun Xiao, salah satu pengunjuk rasa.

"Kebijakan covid-19 di Tiongkok adalah permainan. Bahkan, tidak didasarkan pada sains atau kenyataan," imbuhnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Tiongkok Menggila

Ratusan orang berkumpul pada Minggu malam waktu setempat. Mereka memegang lembaran kertas kosong sebagai ekspresi sensor protes. Sementara itu, petuugas kepolisian masih berjaga di sekitar Jalan Wulumuqi, lokasi insiden yang memicu aksi protes.

Seorang reporter BBC yang meliput aksi protes, sempat ditahan selama beberapa jam. "BBC sangat prihatin dengan perlakuan terhadap jurnalis kami, Ed Lawrence, yang ditangkap dan diborgol saat meliput aksi protes di Shanghai," bunyi pernyataan resmi.(Aljazeera/OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat