visitaaponce.com

Penelitian Terbaru Bernapas saja Dapat Sebarkan Bakteri TBC

Penelitian Terbaru: Bernapas saja Dapat Sebarkan Bakteri TBC
Seorang dokter memeriksa rontgen dada seorang pasien di departemen tuberkulosis di RS Osmania yang dikelola pemerintah India.(AFP/Noah Seelam.)

TERNYATA bernapas cukup untuk menyebarkan bakteri penyebab tuberkulosis (TBC). Penelitian yang dipresentasikan pada konferensi besar pada Selasa (19/10) menunjukkan berpotensi memaksa komunitas medis untuk memikirkan kembali strategi penahanan selama beberapa dekade yang berfokus pada batuk saja.

Dengan menggunakan peralatan canggih, tim di Universitas Cape Town di Afrika Selatan mengukur Mycobacterium tuberculosis (Mtb) penyebab penyakit pada 39 orang dengan TB. Mereka melihat aerosol yang dilepaskan selama pernapasan teratur, pernapasan dalam, dan batuk menemukan bahwa setelah lima menit ketiganya menghasilkan partikel yang mengandung bakteri berbahaya.

Batuk menghasilkan Mtb tiga kali lebih banyak daripada bernapas. Penelitian mencatat bahwa karena orang bernapas sepanjang hari, mengembuskan napas saja dapat berkontribusi lebih dari 90% Mtb di udara.

Baca juga: Studi Terbaru Tawarkan Senyawa sebagai Obat Demam Berdarah

Tuberkulosis secara historis merupakan pembunuh menular nomor satu di dunia. Ia menyebabkan sekitar 1,5 juta kematian di seluruh dunia selama rata-rata tahun dan baru-baru ini dilampaui oleh covid-19.

Batuk kronis menjadi ciri khas penyakit ini. Sejauh ini penelitian berfokus pada orang yang menunjukkan gejala. Akan tetapi, seperti covid-19, orang dapat membawa tuberkulosis tanpa menunjukkan gejala.

Pemimpin studi Ryan Dinkele mengatakan bahwa temuan ini mungkin menjelaskan pendekatan saat ini untuk menguji dan mengobati hanya pasien tuberkulosis yang merasa sakit untuk mencari pengobatan kemungkinan tidak cukup untuk mencegah penyebarannya. "Ini menyisakan ruang untuk penularan Mtb yang luas sebelum mencari pengobatan," katanya kepada AFP.

Baca juga: Penelitian Vaksin dan Obat Antimalaria Berhasil Tekan 70% Kasus Parah

Dia mengatakan pendekatan alternatif yaitu mencari orang yang menderita tuberkulosis tanpa menunggu mereka mencari pengobatan. "Namun, jika penularan dimungkinkan tanpa ada gejala, ini sangat menantang," katanya.

Dia menambahkan bahwa penelitian, yang belum ditinjau oleh rekan sejawat, menunjukkan bahwa aerosol--daripada dahak-dahak yang secara tradisional ditargetkan untuk mendiagnosis tuberkulosis--harus digunakan untuk menentukan penularan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar seperempat populasi dunia terinfeksi bakteri TB tetapi hanya 5%-15% dari mereka yang jatuh sakit karena penyakit tersebut. Kebanyakan tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Dinkele mencatat bahwa mengendalikan penyakit tidak hanya membutuhkan identifikasi potensi penyebar awal, tetapi juga mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan keselamatan udara. Dia mengatakan perubahan yang berarti dalam perilaku seperti peningkatan aliran udara, penyaringan, dan sterilisasi di gedung-gedung untuk memastikan perlindungan yang lebih baik bagi individu tidak terinfeksi dapat menimbulkan tambahan biaya. "Ini membuat negara-negara miskin rentan terhadap ketidakmampuan untuk menerapkan perubahan seperti itu," katanya. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat