visitaaponce.com

Wapres Canangkan Gerakan Nasional Lawan Osteoporosis

Wapres Canangkan Gerakan Nasional Lawan Osteoporosis
PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS: Sejumlah nakes mengikuti senam pencegahan osteoporosis di Gor Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (21/10/2021).(ANTARA / Umarul Faruq)

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin mencanangkan gerakan nasional melawan osteoporosis yang masih banyak diderita masyarakat. Hal itu guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan dan diagnosis penyakit tulang kropos tersebut.

"Tujuan (gerakan nasional) untuk meningkatkan kepedulian dan pengetahuan masyarakat akan pentingnya pencegahan  dan membangun kesadaran bersama untuk melawan osteoporosis," ujar Wapres dalam webinar Hari Osteoporosis 2021, Sabtu (23/10).

Baca juga: Osteoporosis Bisa Mengancam Kualitas Hidup

Wapres mengatakan paringatan Hari Osteoporosis pada 22 Oktober menjadi momentum untuk membangun kesadaran bersama. Sebab penyakit itu masih menjadi masalah kesehatan global, khususnya di negara berkembang. "Lebih dsri 200 juta orang dan 50% kejadian patah tulang disebabkan osteoporosis," imbuhnya.

Prevalensi osteoporosis di dunia maupun Indonesia masih tinggi. Sehingga WHO menyebut penyakit tersebut sebagai silent desease yang menjadi ancaman nyata bagi masyarakat.

Lebih lanjut, Ma'ruf menekankan bahwa di masa pandemi masyarakat harus bisa tetap beraktivitas fisik seperti berolahraga. Kebijakan pembatasan bukan menjadi penghalang untuk beraktivitas dalam menjaga tulang dan kesehatan tubuh. "Meski pandemi harus aktif tetap bergerak untuk sehat fisik dan mental. Kualitas hidup harus terus dijaga untuk mengurangi risiko osteoporosis," tambah Wapres.

Baca juga: Air Bekualitas Bisa Kurangi Risiko Terpapar Penyakit Kulit

Ketua Umum Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) Anita Hutagalung mengapresiasi dukungan dari seluruh masyarakat. Dukungan yang luas merupakan tanda kepedulian masyarakat akan pentingnya penanganan dan pencegahan osteoporosis.

"Ini langkah fundamental dan strategis bagi pencegahan osteoporosis. Betapa pentingnya hal ini dicegah sejak dini. Sehingga, masyarakat Indonesia ke depan memiliki tulang kuat, tubuh sehat dan produktif dalam jangka panjang," kata dia.(H-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Soelistijono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat