visitaaponce.com

Ini Upaya Kominfo Berantas Hoaks di Tengah Pandemi

Ini Upaya Kominfo Berantas Hoaks di Tengah Pandemi
Hoaks(Ilustrasi)

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mencoba melawan hoaks atau berita bohong yang terjadi di tengah pandemi melalui 3 sisi yakni hulu, tengah, dan hilir. Dari hulu Kominfo melakukan yang busa disebut literasi digital melalui edukasi kepada masyarakat.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong mengatakan literasi digital ini dibagi menjadi 2 bidang yang pertama bersifatnya lebih umum di mana masyarakat dibekali literasi agar memiliki culture, etika, safety, dan digital skill.

"Artinya kita ingin Indonesia tidak hanya pandai memainkan tombol di ponsel tapi juga memiliki budaya bermedia sosial dan juga mendidik melalui etika, kemudian safety skill yang aman dari segi hukum yang tidak muncul tuntutan hukum," kata Usman dalam fellowship GWP, Senin (25/10).

Baca juga : Kominfo Pastikan Layanan Online KPAI Tetap Berjalan Lancar dan Aman

Diketahui dari total 170 juta masyarakat yang aktif di media sosial sebanyak 168,5 juta orang atau 99,1% yang mengaksesnya melalui ponsel. Aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat yakni YouTube sebanyak 93,8%, WhatsApp 87,7%, dan Instagram 86,6%.

Kemudian dari sisi tengah memiliki 3 instrumen untuk menjaring konten yang negatif di dunia digital. Pertama, Artifisial Intelijen untuk mengais konten negatif, kemudian tim 24 jam memantau konten negatif, dan menerima laporan masyarakat untuk melaporkan pada Kominfo.

"Kemudian di hilir kami juga melakukan kontra narasi, takedown konten negatif bekerja sama dengan platform youtube dan facebook. Selain itu bekerja sama dengan polisi yang memeriksanya sebagai tersangka," ujarnya.

Adapun realitas arus informasi di tengah masyarakat yang terjadi yakni antara media sosial dengan media konvensional. (OL-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Baharman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat