visitaaponce.com

IDAI Tegaskan Vaksinasi Covid-19 Anak Memiliki Standar Keamanan

IDAI Tegaskan Vaksinasi Covid-19 Anak Memiliki Standar Keamanan
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 dari Sinovac pada seorang anak saat vaksinasi di Rumah Sakit Adam Malik, Kota Medan.(ANTARA/Fransisco Carollio)

IKATAN Dokter Anak Indonesia (IDAI) tegaskan bahwa vaksinasi covid-19 kepada anak usia 6-11 tahun memiliki standar keamanan yang jauh lebih tinggi sehingga orang tua tidak perlu lagi khawatir.

"Vaksinasi ini standar keamanannya itu jauh lebih tinggi daripada standar keamanan pembuatan obat. Karena vaksin ini diberikan pada anak sehat tidak boleh ada kejadian yang berbahaya pada anak sehat setelah diberikan imunisasi," kata Ketua Umum IDAI dr Piprim Basarah Yanuarso dalam Newsline Metro TV, Rabu (3/11).

Dalam proses pembuatan vaksin tentunya mengikuti kaidah-kaidah yang ketat terutama dari aspek keamanannya. Biasanya dilakukan pada hewan coba dahulu kalau sudah terbukti aman maka diberikan kepada relawan orang dewasa, jika sudah terbukti aman juga maka diberikan pada orang dewasa populasi kemudian pada remaja dan sekarang pada anak.

Piprim untuk teknis pelaksanaan imunisasi ini anak 6-11 tahun pihaknya ikut kebijakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam hal ini adalah memberi rekomendasi secara saintifik menyangkut waktu dan teknis pelaporan dan sebagainya mengikuti arahan dari Kementerian Kesehatan.

"Yang jelas kami anggota IDAI yang terdiri dari 4.660 dokter dan siap untuk membantu menyukseskan program vaksinasi atau imunisasi covid-19 anak 6 tahun ke atas kami siap," ujarnya.

Baca juga: Tanggapan Orangtua Terhadap Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

IDAI sendiri menyambut baik dikeluarkannya izin vaksinasi covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun karena infeksi covid-19 pada anak itu sekitar 13% artinya 1 dari 8 penderita covid-19 adalah anak-anak.

"Anak-anak ini selain bisa tertular juga bisa menularkan, walaupun sebagai anak-anak itu OTG di sini bahayanya bisa menularkan virus ke mana-mana apalagi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas sudah dimulai IDAI belum yakin bagaimana anak bisa menjaga protokol kesehatan, walaupun ada juga yang sudah bisa dikendalikan," ungkapnya.

Sehingga lebih amannya vaksinasi untuk kelompok usia 6 tahun ke atas sebaiknya segera dilaksanakan. Jadi kami menyambut baik berita ini.

Menurutnya berita ini juga sudah ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang tua di seluruh daerah karena berdasarkan survei yang dilakukan IDAI hampir sama proporsi orang tua yang mengizinkan anaknya untuk ikut PTM terbatas dan tidak mengizinkan anaknya ikut PTM terbatas.

Diketahui Badan POM mengeluarkan izin penggunaan vaksin covid-19 Sinovac untuk kelompok anak berusia 6-11 tahun. Saat ini Kementerian Kesehatan tengah mempersiapkan teknis dan prosedur pelaksanaan vaksinasi tersebut. (A-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Dwi Tupani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat