visitaaponce.com

Mengenal Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup, Pengertian, dan Tujuan

Mengenal Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup, Pengertian, dan Tujuan
Seorang siswi SMAN 1 Bekasi mengamati jenis hewan untuk mengetahui klasifikasi hewan dalam ujian praktik biologi.(MI/Teresia Aan Meliana.)

KLASIFIKASI adalah penyusunan bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah atau standar yang ditetapkan. Secara harfiah bisa pula dikatakan bahwa klasifikasi adalah pembagian sesuatu menurut kelas-kelas. Menurut ilmu pengetahuan, klasifikasi adalah proses pengelompokan benda berdasarkan ciri-ciri persamaan dan perbedaan.

Contoh klasifikasi yaitu klasifikasi makhluk hidup, klasifikasi burung berdasarkan morfologi paruhnya, klasifikasi golongan darah, klasifikasi seni lukis berdasarkan alirannya, klasifikasi jenis-jenis olahraga bola besar, hingga klasifikasi sumber daya suatu negara.

Klasifikasi makhluk hidup

Klasifikasi makhluk hidup dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu mengidentifikasi makhluk hidup, mengelompokkan makhluk hidup, dan memberikan nama makhluk hidup. Melansir e-Modul Biologi: Klasifikasi Makhluk Hidup, klasifikasi memiliki manfaat memudahkan kita dalam mempelajari makhluk hidup yang sangat beragam. Selain itu, klasifikasi bermanfaat mengetahui hubungan kekerabatan antara makhluk hidup satu dengan yang lain.

Tujuan klasifikasi

Ada beberapa tujuan pembuatan klasifikasi.

1. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan ciri-ciri yang dimiliki.
2. Mendeskripsikan ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakan dengan makhluk hidup yang lain.
3. Mengetahui hubungan kekerabatan makhluk hidup.
4. Memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya.
5. Menyederhanakan objek studi sehingga mempermudah pembelajaran.
6. Mengetahui tingkat evolusi makhluk hidup atas dasar kekerabatannya.

Dengan kata lain, taksonomi punya manfaat besar karena menjadi dasar untuk mengenal, mengelompokkan, dan memberi nama semua organisme yang ada di Bumi. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat