visitaaponce.com

Wapres Toleransi, Kunci Merawat Keberagaman di Indonesia

Wapres: Toleransi, Kunci Merawat Keberagaman di Indonesia
Wakil Presiden Ma'ruf Amin(MI/Susanto )

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menekankan toleransi menjadi kunci dalam menjaga keberagaman antarumat beragama. Keberagaman, ujar Wapres, jika dirawat dengan pengetahuan dan toleransi, akan menjadi modal luar biasa bagi bangsa. 

“Toleransi adalah kuncinya. Toleransi membimbing kita pada moderasi beragama sehingga terhindar dari fanatisme yang dapat mengarah pada fundamentalisme, radikalisme maupun ekstremisme,” tutur Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat meresmikan enam rumah ibadah di Universitas Pancasila, Jalan Raya Lenteng Agung, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Rabu (5/1)

Baca juga: MUI Percayakan Proses Hukum Bahar Smith ke Polisi

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, toleransi di Indonesia bukan merupakan gagasan baru. Toleransi telah diperkenalkan oleh para pendiri bangsa sejak dahulu, salah satunya tercantum dalam 5 sila pada Pancasila.

“Toleransi bukanlah gagasan baru. Toleransi telah menjadi warisan budaya adiluhung bangsa Indonesia yang telah hidup dan membersamai kita sejak ratusan tahun silam,” urai Wapres.

Ia menuturkan Pancasila lahir dari semangat mempersatukan berbagai bentuk kemajemukan di tanah air, mulai dari budaya, Bahasa, suku, etnis, hingga keberagaman agama. Oleh karena itu, Pancasila adalah titik temu dari kemajemukan.

Pada kesempatan yang sama, Wapres menyampaikan, pembangunan rumah ibadah agama-agama yang berdekatan pada satu area merupakan salah satu pengamalan nilai luhur Pancasila. Terutama dalam mengokohkan toleransi antarumat. Ia berharap pembangunan rumah agama yang berdekatan, tidak hanya menjadi simbol toleransi semata, tapi bentuk memperkuat sinergi lintas agama.

“Lebih dari itu, juga memudahkan koordinasi dan kerja sama lintas agama serta menjadi perekat persatuan bangsa,” ungkap Wapres. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat