visitaaponce.com

Indonesia Promosikan Bhineka Tunggal Ika dalam Y20

 Indonesia Promosikan Bhineka Tunggal Ika dalam Y20
Indonesia mempromosikan Bhineka Tunggal Ika dan gotong royong dalam Y20 2022(DOK.MI/Tangkapan Layar)

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali emngungkapkan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 di Indonesia kali ini akan turut mempromosikan Bhineka Tunggal Ika dalam pembahasan diversity and inclusion (keberagaman dan inklusi).

"Terdapat 3 isu prioritas yaitu youth employment digital transformation planet merupakan warisan dari presiden-presiden sebelumnya tahun ini Y20 Indonesia mengangkat isu tambahan diversity and inclusion untuk mempromosikan Bhineka Tunggal Ika dan gotong royong," kata Zainuddin dalam Kick Off Y20 Indonesia 2022 secara daring, Sabtu (19/2).

Sebelumnya KTT Y20 membahas 3 isu prioritas yakni ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, isu iklim yang bersinggungan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan dan kali ini menambah keberagaman dan inklusi.

Baca juga: Pemuda Diharapkan Tahan Banting dan Mampu Berkembang di Masa Pandemi

Melalui pendidikan eksklusif berdasarkan nilai-nilai Pancasila serta keragaman ekonomi kreatif kepada generasi muda Y20 dan dunia para pemuda Indonesia sangat vital dalam perjuangan mencapai kemerdekaan.

Dirinya mencontohkan pemuda Indonesia dibentuk dari berbagai organisasi kepemudaan yang menandai partisipasi pemuda dalam panggung politik hingga pencanangan sumpah pemuda. Di mana kelompok-kelompok pemuda dari kelompok-kelompok primordial, ras, suku, agama, keyakinan, budaya, dan daerah di Nusantara yang berikrar untuk memiliki satu tanah air satu dan satu bahasa Indonesia.

"Dalam perjuangan kemerdekaan dan hingga saat ini pemuda Indonesia terus bergerak untuk terlibat aktif dalam pembangunan negara," ujarnya.

Ada lebih dari 1,8 miliar anak muda di dunia saat ini dan diharapkan mengambil tindakan untuk memecahkan masalah di era pandemi. Hal ini juga membuktikan bahwa pemuda sebagai agen perubahan memiliki solusi untuk setiap situasi yang menantang.

"Dan kita harus berada di sana untuk mendukung dan mendorong generasi muda kita untuk berkembang dan meningkatkan kapasitas mereka untuk masa depan yang lebih baik," pungkasnya. (A-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Dwi Tupani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat