visitaaponce.com

Satgas Indonesia Butuh 3 Modal DasarBeralih Menuju Endemi Covid-19

 Satgas: Indonesia Butuh 3 Modal Dasar Beralih Menuju Endemi Covid-19
Polresta Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menyelenggarakan vaksinasi drive thru yang dilangsungkan di Alun-alun Purwokerto pada Selasa (1/3).(MI/LILIK DARMAWAN)

SATUAN Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan Indonesia harus memastikan sejumlah hal sebelum memasuki endemi covid-19. Ada tiga modal dasar yang menjadi acuan.

“Yaitu cakupan vaksinasi, disiplin protokol kesehatan, dan ketahanan fasilitas pelayanan kesehatan,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa (1/3).

Wiku mengatakan indikator itu juga diterapkan sejumlah negara yang telah melonggarkan peraturan terkait covid-19. Misalnya Inggris, Swedia, dan Norwegia.

“Data menunjukkan tiga negara dengan kasus positif yang melonjak tajam sudah jauh mengalami penurunan,” papar dia.

Baca juga: Kemenkes Siapkan Transformasi Layanan Kesehatan Menuju Endemi

Selain itu, kasus kematian di ketiga negara jauh lebih rendah dibanding gelombang sebelumnya. Wiku menyebut alasan pelonggaran di berbagai negara bervariasi dan dipengaruhi banyak faktor.

Wiku mencontohkan pelonggaran di Norwegia meski angka kematian lebih tinggi dibanding gelombang sebelumnya. Pelonggaran tetap dilakukan lantaran cakupan vaksinasi dosis lengkap mencapai lebih dari 70% populasi.

“Kesiapan pelonggaran juga didukung dengan menjamin ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan,” jelas dia. (A-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Dwi Tupani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat