visitaaponce.com

Menkes Bersama-sama Perkuat Sistem Kesehatan Global

Menkes: Bersama-sama Perkuat Sistem Kesehatan Global
Menkes Budi Gunadi Sadikin(ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

PERSOALAN kesehatan di zaman modern membutuhkan solusi yang inovatif. Sistem kesehatan dunia harus diperkuat dengan peran semua negara.

"Bersama-sama, kita perlu merampingkan rantai pasokan penanggulangan penting untuk memperkuat sistem kesehatan secara global," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam The Indonesia Healthcare Future Forward T20, Selasa (8/3).

Budi mengatakan setiap negara perlu memperluas penelitian global dan kapasitas produksi produk kesehatan terutama untuk vaksin, terapi, diagnostik, dan alat pelindung diri.

Penguatan kesehatan juga berlaku pada industri kesehatan lokal karena merupakan tulang punggung pemberian layanan kesehatan yang menyediakan sistem pendukung yang kuat.

Baca juga: Menkes: Pandemi Momentum Lakukan Transformasi Sistem Kesehatan

Industri kesehatan lokal dibutuhkan negara seperti halnya komunitas yang menjadi rantai pasokan menjadi penyandang dana, pemasok, dan penyedia layanan yang tangguh yang menghadirkan ketahanan operasional dalam skala besar.

"Dengan dukungan dari industri lokal, Indonesia akan mempelopori upaya kolektif untuk memastikan akses yang merata dan universal terhadap vaksin sehingga data akurat dan perawatan punggung menjadi lebih memadai," ujar Budi.

Sistem kesehatan yang tangguh adalah landasan kesiapsiagaan dan respons darurat serta memastikan ketika kejadian akut terjadi, layanan kesehatan dapat dipertahankan.

"Ini adalah tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa kita mengambil pelajaran dari puncak pandemi covid-19 untuk membangun sistem kesehatan yang lebih kuat dengan akses yang memadai ke tindakan pencegahan medis," ungkapnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat