visitaaponce.com

Menhub Sebut Sudah 1,5 Juta Orang Mudik Gunakan Kereta Api

Menhub Sebut Sudah 1,5 Juta Orang Mudik Gunakan Kereta Api
Petugas membantu penumppang KA jarak jauh di Stasiun Pasar Senen, Jakarta(Antara/ Fauzan)

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan, sudah banyak warga yang telah pulang kampung alias mudik Lebaran 2022 saat ini, utamanya yang naik kereta api jarak jauh. 

Dalam tinjauannya di posko pusat Kantor Kemenhub, ia menyebut bampir di semua sektor sudah menunjukkan peningkatan pergerakan penumpang. 

"Di kereta api sampai saat ini sudah 1,5 juta penumpang dari total 8 juta yang diprediksi mudik menggunakan kereta api. Ini memang kita harapkan masyarakat mudik lebih awal,” kata dia dalam keterangan resmi, Senin (25/4).

Selain itu, Budi menjelaskan, dengan tingginya animo masyarakat untuk melakukan mudik khususnya menggunakan kendaraan pribadi, telah dilakukan simulasi penerapan rekayasa lalu lintas sejak jauh-jauh hari. 

Simulasi itu bertujuan agar masyarakat sudah mengetahui adanya penerapan rekayasa lalu lintas saat mudik, seperti contra flow, one way, ganjil genap, dan juga pembatasan truk sumbu 3.

“Kepada para petugas posko, agar memanfaatkan posko ini untuk mengkoordinasikan dengan baik data-data pergerakan yang dapat menjadi informasi untuk masyarakat," ucapnya.

Baca juga : Terminal Lebak Bulus Mulai Dipadati Pemudik

Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2022 dimulai pada H-7 dan H+7 Lebaran (25 April-10 Mei 2022) atau selama 16 hari bertempat di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta.

Posko ini diikuti oleh berbagai instansi yang terdiri dari Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lingtas Polri, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), PT Pelni, PT. Angkasa Pura, PT. ASDP Indonesia Ferry, PT. Jasa Marga (Persero) dan lainnya.

Dalam keterangan terpisah, sampai dengan 25 April, PT KAI telah menjual 1.496.708 tiket KA jarak jauh atau 58% dari total tiket yang disediakan untuk periode keberangkatan pada 22 April hingga 13 Mei 2022. 

Adapun tanggal keberangkatan favorit masyarakat untuk arus mudik yaitu 29 April dan 30 April, atau H-3 dan H-2 Lebaran.

Sejak H-10 sampai H-8 Lebaran, KAI mengaku telah melayani total 218.670 pelanggan atau rata-rata 72.890 orang per hari dengan okupansi sebesar 64%. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat