visitaaponce.com

Waspadai Penyebaran Napza, Pegawai Kemendagri Dites Urine

Waspadai Penyebaran Napza, Pegawai Kemendagri Dites Urine
Para pegawai Kemendagri mengkuti tes urine.(MI/Dok Kemendagri)

KEMENTERIAN Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar tes urine bagi para pegawainya. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN dan PN), yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Tes urine merupakan bentuk kewaspadaan Kemendagri terhadap penyalahgunaan dan penyebaran Narkotika, Psikotropika, dan Zat adiktif lainnya (Napza) oleh pegawai.

Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemendagri Asmawa Tosepu menjelaskan, kegiatan P4GN dan PN tersebut menyasar 5% dari jumlah seluruh pegawai di lingkungan Kemendagri.

Baca juga: Tingkatkan Performa Lembaga Pemerintah Melalui Transformasi Digital

Mereka yang mengikuti tes berasal dari berbagai komponen Kemendagri. Berdasarkan pantauannya, para pegawai Kemendagri terlihat antusias mengikuti program tersebut.

Asmawa juga menerangkan pihaknya mengadakan Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu).

“Kemudian untuk Posbindunya sendiri secara rutin, dan ini merupakan pemeriksaan yang kedua dalam tahun ini,” terang Asmawa.

Adapun kegiatan Posbindu tersebut di antaranya berisi pemeriksaan tekanan darah (tensi), kadar gula darah, kolesterol, asam urat, konseling dokter, dan layanan kesehatan lainnya.

Sebanyak 206 pegawai mengikuti program P4GN dan PN. Sedangkan jumlah pegawai yang mengikuti Posbindu tersebut sebanyak 236 orang. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat