visitaaponce.com

Izin Operasional Shiddiqiyah Batal Dicabut, Alasannya Demi Santri

Izin Operasional Shiddiqiyah Batal Dicabut, Alasannya Demi Santri
Menteri Agama Ad Interim Muhadjir Effendy(MI/Puji Santoso)

MENTERI Agama Ad Interim Muhadjir Effendy menjelaskan pembatalan pencabutan izin operasional Pesantren Majma'al Bahrain Shiddiqiyah di Jombang, Jawa Timur untuk memberikan kepastian pada santri karena ada ribuan santri yang belajar di pondok tersebut.

"Di pondok pesantren itu (Majma'al Bahrain Shiddiqiyah) ada ribuan santri yang perlu dijamin kelangsungan belajarnya," dalih Muhadjir saat dihubungi, Selasa (12/7).

Selain itu, menurut Muhajir, dalam kasus pencabulan dan perundungan santri ini hanya melibatkan satu orang oknum dan bukan satu pondok. Sehingga jika izin operasionalnya dicabut maka ribuan siswa yang belajar tidak akan nyaman.

"Dalam kasus yang terjadi tidak melibatkan lembaga pesantrennya, tetapi oknum. Dan oknumnya kan sudah menyerahkan diri, begitu juga mereka yang telah menghalang-halangi petugas," ungkapnya.

Sehingga diharapkan masyarakat memahami pembatalan pencabutan izin operasional Pesantren Majma'al Bahrain Shiddiqiyah untuk kepentingan ribuan santri yang masih belajar di pondok tersebut.

"Saya berharap masyarakat dapat memahami keputusan tersebut," ucapnya.

Sebelumnya, pada 7 Juli 2022 Kementerian Agama mencabut izin operasional Pesantren Majma’al Bahrain Shiddiqiyyah. Nomor statistik dan tanda daftar pesantren Shiddiqiyyah telah dibekukan.

Tindakan tegas ini diambil karena salah satu pemimpinnya Moch Subchi Azal Tani alias Mas Bechi yang juga anak pendiri pesantren itu, masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) kepolisian dalam kasus pencabulan dan perundungan terhadap santri.

Pencabutan izin operasional tersebut membuat santri takut dan memilih untuk pulang ke rumahnya. (OL-13)

Baca Juga: Kemenag Hentikan Bantuan Dana Operasional Ponpes Shiddiqiyyah

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat