visitaaponce.com

Soal Blokir PSE, DPR Minta Kominfo Konsisten Menegakkan Aturan

Soal Blokir PSE, DPR Minta Kominfo Konsisten Menegakkan Aturan
Ilustrasi pihak penyelenggara sistem elektronik(AFP/OLIVIER DOULIERY)

ANGGOTA Komisi I DPR RI Sukamta mendukung langkah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam menegakkan aturan terkait pemblokiran penyelenggara sistem elektronik (PSE) yang tidak mendaftarkan hingga 20 Juli 2022. Menurutnya, Kominfo harus konsisten dalam menegakkan aturan meski berhadapan dengan pemain-pemain yang sangat berpengaruh.

"Kita ingin seluruh pihak yang beroperasi di Indonesia tunduk dan patuh pada hukum yang berlaku, termasuk soal mendaftarkan diri sebagai PSE," ujarnya kepada Media Indonesia, Senin (18/7).

Sukamta mengatakan, menegakkan aturan terhadap perusahaan teknologi yang tidak mendaftar PSE seperti Google, Facebook, Twitter dan lainnya merupakan salah satu peran negara dalam melindungi rakyatnya. Negara tidak boleh kalah dengan perusahaan multinasional yang tidak patuh terhadap aturan.

"Negara harus memerankan diri sebagai pelindung warga negara ketika mereka tidak punya kemampuan atau pilihan berhadapan dengan perusahaan-perusahaan raksasa. Semoga Kominfo konsisten mengemban peran ini demi merah putih yang kita cintai bersama," tuturnya.

Baca juga: Pengamat: Pemerintah Harus Tegas Blokir PSE yang Tidak Patuh

Terkait dampak yang akan ditimbulkan, politikus PKS tersebut meminta masyarakat tidak perlu khwatir. Pemerintah dalam menegakkan aturan pasti sudah mempertimbangkan secara matang, termasuk solusinya.

"Pasti ada (solusinya), tapi perjalanan kan panjang. Kalau menegakkan aturan terlalu dibayangi kekhawatiran, entar makin banyak yang melanggar," tukasnya.

Sebelumnya, Kominfo menyampaikan akan menindak tegas PSE yang tidak mendaftar hingga 20 Juli nanti. Sebab, hampir 2 tahun perusahaan seperti Google, Facebook, Twitter dan lainnya tidak mendaftar.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat