visitaaponce.com

Pemerintah belum Pikirkan Vaksinasi Booster Tahap Kedua

Pemerintah belum Pikirkan Vaksinasi Booster Tahap Kedua
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin covid-19 dosis booster untuk warga.(Antara)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa pemerintah saat ini belum menyediakan vaksinasi covid-19 booster tahap kedua. 

Pasalnya, pemerintah masih fokus mengejar capaian vaksinasi covid-19 dosis ketiga atau booster yang masih jauh dari target Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni 50%.

"Saat ini, pemerintah memprioritaskan vaksin ketiga atau booster. Capaian kita masih sekitar 25% dari target 50% yang distandarkan WHO. Bahkan, Menteri Kesehatan bilang target capaian kita itu harus 70%," ujar Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril, Rabu (27/7).

Baca juga: Dosis Booster Vaksin Covid-19 Penting untuk Orang-Orang Berisiko

Adapun program vaksinasi covid-19 dosis keempat atau booster tahap kedua belum menjadi prioritas pemerintah. Namun, lanjut Syahril, semua saran dan rekomendasi yang masuk terkait vaksinasi booster kedua tetap diterima.

“Sementara ini, semua rekomendasi dan masukan kita terima dulu. itu belum mendapatkan prioritas dan belum direncanakan,” imbuhnya.

Baca juga: Kemenkes: Belum Ditemukan Kasus Monkeypox di Indonesia

Pihaknya sepekat dengan manfaat vaksinasi covid-19 dosis booster tahap kedua. Akan tetapi, perlu ada kajian terlebih dahulu dan harus mendapatkan persetujuan dari BPOM.

"Memang ada rekomendasi, terutama bagi kelompok risiko tinggi, usia lanjut, hingga tenaga kesehatan. Tetapi, vaksinnya tetap harus disetujui dulu dari BPOM. Untuk sementara ini, belum ada disiapkan untuk vaksin covid-19 dosis keempat,” jelas Syahril.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat