visitaaponce.com

Lima Anggota Badan Diabaikan, Mandi Junub tidak Sah

Lima Anggota Badan Diabaikan, Mandi Junub tidak Sah
Ilustrasi.(AFP/Khaled Desouki.)

MANDI besar atau mandi junub adalah mandi yang diwajibkan dalam Islam. Ini disebabkan seseorang keluar mani, haid, dan nifas. 

Ada perbedaan antara mandi wajib dengan mandi pada umumnya. Rukun mandi wajib ada tiga yakni niat, menghilangkan najis jika ada, dan sampainya air ke seluruh kulit berikut rambutnya.

Anggota tubuh mana sajakah yang rawan terlewatkan? Padahal itu semua wajib terbasuh. Ini lima anggota tubuh yang harus dibasuh menurut kitab Hasyiah Syeikh al Bajuri sebagaimana dilansir Instagram @limofficial_lirboyo

Baca juga: Tata Cara Mandi Wajib Wanita setelah Haid dan Berhubungan Intim

1. Lubang telinga

Meskipun tampak dari luar, tidak jarang lubang telinga lupa terbasuh. Lubang telinga saja wajib terbasuh, apalagi daun telinga. 

2. Kulit di bawah kuku

Jika terdapat kotoran di bawah kuku yang sampai menghalangi air, basuhannya itu tidak cukup. Karenanya, harus mengulangi basuhan itu.

Baca juga: Tata Cara Tayamum Niat, Doa, dan Rukun

3. Farji

Yang dimaksud area vagina. Yang mesti dibasuh ialah yang terlihat ketika jongkok saat buang hajat. Biasanya saat berdiri, area tersebut tidak terlihat.

4. Kulup

Peringatan ini tertuju bagi yang belum sunat. Kulit yang ada di balik kulup juga termasuk kulit zahir. 

Tak jarang air kencing masih menempel di situ. Karena itu ia juga wajib dibasuh. Kalau yang sudah sunat atau hitam sepertinya aman.

5. Masrobah

Masrobah yaitu anus bagian dalam atau bol. Karena tampak ketika buang hajat, anus tergolong anggota luar. 

Baca juga: Bersiwak saat Wudu dan Dalilnya

Solusinya yaitu setelah selesai istinjak, kita membasuh masrobah seraya berniat menghilangkan hadas besar supaya tak usah membasuhnya lagi saat mandi. Ini lebih simpel.

Nah itu dulu ya guys. Jangan sampai karena menganggap sepele hal-hal itu keabsahan mandi wajib kita menjadi tidak sah. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat