visitaaponce.com

Tiga Trik agar Cepat Tertidur di Malam Hari

Tiga Trik agar Cepat Tertidur di Malam Hari
Ilustrasi.(MI/Gabriel Langga.)

BUKAN hanya lama tidur yang penting, tetapi kualitasnya. Satu studi baru minggu ini menunjukkan bahwa hingga 70% dari kita tidak cukup tidur. Namun, dengan beberapa trik kecil dan perubahan pada kebiasaan tidur, Anda mungkin akhirnya mendapatkan jenis istirahat restoratif yang layak diperoleh.

"Mendapatkan tidur yang lebih baik dimulai dengan membangun rutinitas tidur yang konsisten, termasuk bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan," ujar spesialis tidur dan psikolog klinis Dr. Michael Breus kepada 3rd Hour of Today sebagaimana dilansir Today, Sabtu (23/7). "Ritme sirkadian Anda memengaruhi pencernaan, kognisi, dan tidur Anda," katanya. 

Jadi menjaga tidur Anda tetap konsisten membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan dalam banyak cara. Kabar baiknya yaitu mendapatkan tidur yang lebih baik dan kembali tidur di tengah malam bisa semudah mengambil beberapa napas dalam-dalam. Begini triknya.

Teknik pernapasan 4-7-8

Trik pernapasan sederhana ini menjadi salah satu tips tidur favorit Breus. "Jika Anda bangun di tengah malam memikirkan agar menjadi tenang dan rileks, (ini adalah) hal yang sangat mudah dilakukan," katanya.

Pertama, tarik napas selama empat hitungan. Kemudian, tahan napas Anda selama tujuh hitungan. Terakhir, hembuskan napas sambil menghitung sampai delapan.

Baca juga: Langkah-Langkah yang Perlu Dilakukan Pasangan saat Rencanakan Kehamilan

"Yang dilakukan yaitu menurunkan detak jantung Anda di tengah malam," kata Breus. Itu memberikan sensasi menenangkan yang membuatnya lebih mudah untuk kembali tidur.

Batasi konsumsi kafein dan alkohol

Hindari minum kafein terlalu sore, saran Breus. Jika tidur Anda sekitar jam 10 malam, minumlah secangkir kopi atau teh berkafein terakhir pada jam 2 siang.

"Hal besar lain yaitu batasi alkohol sebelum tidur," katanya. "Ingat, ada perbedaan besar antara tidur dan pingsan." Meskipun alkohol dapat membantu Anda tertidur, alkohol juga dapat mengganggu beberapa tahap tidur.

Kompres es agar tetap dingin di malam hari

Jika Anda ingin tertidur dengan cepat, sangat penting untuk mendapatkan suhu yang tepat di kamar tidur. Bagi kebanyakan dari kita, lebih mudah untuk tidur di ruangan yang lebih dingin. Namun sebagian besar negara berada di tengah gelombang panas.

Jadi, Breus menyarankan untuk menggunakan botol air beku di tempat tidur untuk menenangkan diri. "Yang saya lakukan yakni saya memiliki botol dalam kain tabung yang akan menjaga kondensasi," jelasnya. "Ketika Anda meletakkan satu di kedua sisi pinggul, Anda akan benar-benar tenang." (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat