visitaaponce.com

Ini Tandanya Jika Sistem Kekebalan Tubuhmu Mulai Lemah

Ini Tandanya Jika Sistem Kekebalan Tubuhmu Mulai Lemah
Ilustrasi(Istimewa)

SISTEM kekebalan tubuh yang lemah dapat memicu berbagai penyakit. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengetahui tanda-tanda sistem imun tubuh yang mulai melemah, sehigga bisa dilakukan beberapa pencegahan.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ada empat tanda jika sistem tubuh sedang melemah, seperti berikut ini.
 
Flu terus menerus
Untuk orang dewasa yang sehat, flu biasa bukanlah sesuatu yang serius. Pada umumnya orang dewasa mengalami flu sekitar satu hingga tiga kali setahun. Dalam jangka waktu itu, sistem kekebalan tubuh membutuhkan tiga hingga empat hari untuk mengembangkan antibodi dan melawan penyakit.

"Jika Anda mendapati Anda lebih sering sakit daripada rata-rata atau penyakit itu bertahan lebih lama dari biasanya, itu bisa menjadi tanda sistem kekebalan yang melemah," kata Dr Navya Mysore, MD, dokter perawatan primer dengan One Medical.

Kelenjar getah bening yang membengkak
Kelenjar getah bening adalah kelenjar berbentuk kacang yang dapat ditemukan di seluruh tubuhmu. Kelenjar ini mudah terlihat di leher, pangkal paha, dan ketiak. Saat mereka menyaring cairan getah bening, sel darah putih yang disebut limfosit membunuh bakteri dan partikel asing lainnya.

Kelenjar getah bening akan membengkak saat melawan infeksi atau cedera. Jika pembengkakan terus-menerus, ini mungkin berarti bahwa sistem kekebalan tubuhmu mengalami kesulitan melawan penyakit atau infeksi.
 
Infeksi berulang
Setiap orang mengalami infeksi setiap saat. Di situlah antibiotik, cairan, dan waktu membantu tubuh bertambah kuat. Tetapi kerika sistem kekebalan tubuh melemah, maka tubuh akan mengalami infeksi berulang.

"Seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah cenderung mendapatkan infeksi lebih sering daripada kebanyakan orang lain, dan penyakit ini mungkin lebih parah atau lebih sulit diobati," kata Dr Autumn Burnette, MD, asisten profesor di Divisi Alergi dan Klinik Imunologi di Universitas Howard.
 
Luka yang lama sembuh
Sistem kekebalan tubuh mengendalikan kerusakan ketika kamu mendapatkan luka, goresan, atau luka bakar, dan mengirimkan darah yang kaya nutrisi untuk membantu tubuh menyembuhkan dan meregenerasi kulit baru.

Proses vital penyembuhan luka ini tergantung pada sel-sel kekebalan yang sehat. "Namun, jika sistem kekebalan tubuh kamu lemah, kulit mungkin mengalami kesulitan regenerasi," kata Dr Mysore. (Medcom.id/H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat