visitaaponce.com

Lemonilo Kenalkan Kembali Permainan Tradisional ke Anak-anak

Lemonilo Kenalkan Kembali Permainan Tradisional ke Anak-anak
Konferensi pers mengenai Chimiland yang digelar Lemonilo di Jakarta, Kamis (25/8).(Ist)

MASIH dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, Lemonilo menggelar Chimiland, sebuah acara yang menyajikan wisata bermain anak melalui berbagai mainan tradisional Indonesia, seperti balap karung, balap bakiak, tarik tambang, dan masih banyak lainnya.

Chimiland akan diselenggarakan di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada tanggal 27 hingga 28 Agustus mulai pagi hingga sore hari dan terbuka untuk umum.

Acara ini merupakan kolaborasi dengan +Jakarta, melalui Teman Taman Jakarta serta menjadi bagian dari Pameran Flona 2022.

Chimilanda dapat menjadi salah satu pilihan tempat bermain anak di akhir pekan.

Selain mengajak anak melakukan aktivitas bermain yang menyenangkan, kegiatan ini juga dapat menjadi ajang edukasi orang tua kepada anak untuk mengenalkan berbagai permainan tradisional Indonesia.

Setiap permainan tradisional ini akan memberi banyak manfaat bagi anak seperti melatih anak untuk bekerjasama, meningkatkan kemampuan motorik, sensorik, dan mengajak anak untuk berinteraksi sosial dengan keluarga ataupun lawan mainnya.

Dilansir dari WHO, anak-anak, khususnya usia di bawah lima tahun, harus menghabiskan lebih sedikit waktu di depan layar dan memiliki lebih banyak waktu untuk aktif bermain jika mereka ingin tumbuh dengan sehat sehat.

Baca juga: Industri Mainan Lokal Mampu Bersaing dengan Mainan Impor

WHO juga menganjurkan untuk kembali menghadirkan permainan untuk anak-anak agar dapat mencegah obesitas serta mengajak anak untuk tetap aktif.

Oleh karena itu, Chimiland hadir sebagai tempat bermain yang benar untuk anak-anak, karena mengajak mereka untuk aktif bergerak sekaligus mengenalkan berbagai macam permainan tradisional.

“Chimiland adalah inisiatif Lemonilo sebagai wadah untuk mengenalkan kembali permainan tradisional anak-anak Indonesia," ujar Andita Rasyid, VP Marketing Innovation Lemonilo dalam Media Briefing Lemonilo Chimiland, di Jakarta, Kamis (25/8).

"Selain itu, melalui berbagai macam permainan yang menarik, kami juga ingin mengenalkan gaya hidup aktif bagi anak agar mereka tidak selalu bergantung pada gadget," jelasnya.

Setelah puas bermain, anak-anak dapat menikmati camilan bermanfaat dari yaitu Chimi Ubi yang tersedia di lokasi.

" Kami berharap CHIMILAND mampu memberikan pengalaman baru tentang permainan tradisional serta gaya hidup aktif yang tak kalah seru dengan permainan teknologi masa kini,”  papar Andita.

Hadir pula sebagai pembicara lain dalam Media Briefing Lemonilo Chimiland yakni  Ketua Tim Kerja Perilaku Bumil, Anak dan Remaja Kementerian Kesehatan Dra. Herawati MA, Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI)  Prof. Dr. H Seto Mulyadi SPsi MSi dan Adinda Gustrina Neonatasha dari Perwakilan Teman Taman Jakarta.

Prof Seto Mulyadi menambahkan orangtua perlu bermain bersama dengan anak-anak mereka agar anak-anak tidak ketagihan bermain gadget.

"Harus ada waktu bagi orang tua untuk bermain bersama anak-anak antara lain dengan permainan tradisional, sehingga anak mau bergerak dan kreatif, dan tidak ketagihan gadget, dan tercipta rumah yang nyaman," kata Kak Seto, panggilan sapanya.

Sebelumnya, telah dilakukan berbagai rangkaian acara lomba 17 Agustus sebagai pembuka acara Chimiland, yang diikuti warga di sekitar Jabodetabek, serta beberapa sekolah di Jakarta dan Bogor yaitu SD Al Izhar, SD Muhammadiyah 24 Jakarta, SDIT Al Irsyad Bogor, dan SD Nurhasanah Tangerang.

 Chimiland di Lapangan Banteng juga akan dimeriahkan dengan penampilan dongeng sulap oleh Kak Maulana, kegiatan workshop tas kardus bersama Bumi Kardus, serta penampilan dari Rafa International Dance Studio. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat