visitaaponce.com

Ini Pentingnya Tahu Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Wawancara Kerja

Ini Pentingnya Tahu Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Wawancara Kerja
Ilustrasi(Pexels)

PADA saat Anda melamar sebuah pekerjaan, Anda akan dihadapkan pada sebuah wawancara. Salah satu hal yang biasanya ditayankan dalam wawancara kerja adalah apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan anda. Hal ini untuk mengetahui, apakah Anda layak untuk menerima pekerjaan atau tidak. Karenanya, penting untuk mengenal diri anda. 

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Namun, pada saat Anda menjelaskan apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan anda, penting untuk memberikan sebuah penjelasan, dan bahkan solusi. Hal itu agar perekrut melihat Anda sebagai orang yang mampu beradaptasi ke depannya.

Contoh Kelebihan 

Meskipun kelebihan diri pada setiap orang beragam, lazimnya, terdapat beberapa kelebihan diri yang sama pada tiap orang. Hal ini tidak lain dan tidak bukan terbentuk dari lingkungan dan kognitif yang umumnya sama di masyarakat. Maka, berikut adalah contoh kelebihan diri tersebut.

Baca juga : Pernah Diminta Gambar Pohon Saat Psikotes? Ini Penjelasannya

1. Memiliki jiwa yang kreatif

Perusahaan dan perekrut pada umumnya tertarik pada pelamar yang kreatif. Hal itu karena kebutuhan pasar akan kreasi konten yang semakin tinggi, membuat perusahaan semakin membutuhkan insan yang kreatif.

2. Dapat beradaptasi

Baca juga : Ekrutes.Id Hadirkan Psikotes Online Gratis bagi Siswa SMK Negeri 15 Jakarta

Dinamika pekerjaan yang cepat dan berubah ubah membuat pelamar membutuhkan pekerja yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan rekan yang baru dengan cepat. Maka, dapat mudah beradaptasi adalah salah satu nilai plus sebagai kelebihan anda.

3. Komunikatif

“Komunikasi adalah kunci” adalah sebuah nasihat yang dapat juga diaplikasikan pada saat bekerja. Karena komunikasi dapat membantu koordinasi yang baik antara rekan kerja. Maka, perekrut pastinya membutuhkan pekerja yang punya sifat komunikatif.

Baca juga : Pemanfaatan BLMS Karier.mu Bantu Jembatani Pendidikan dan Lapangan Kerja

4. Eksploratif

Anda tidak selalu akan bekerja pada desk yang sama setiap saat, rotasi, perpindahan, dan bahkan promosi pasti akan datang. Oleh karena itu, pelamar pastinya akan mengharapkan Anda bersifat eksploratif. Artinya, anda dapat mencoba dan belajar hal hal baru diluar tanggung jawab anda saat ini, agar nantinya siap untuk ditempatkan pada posisi yang baru.

5. Dapat bekerja sama

Baca juga : Mengenal Apa Itu PPIC serta Tugas dan Skill yang Harus Dimiliki

Dalam sebuah pekerjaan dan proyek yang dikerjakan, anda tidak selalu mengerjakannya dengan sendiri. Anda pastinya akan disandingkan dengan rekan yang lain dalam sebuah kelompok. Maka, pelamar akan sangat berharap anda dapat bekerja sama dan dapat secara mandiri mengorganisir pekerjaan secara bertanggung jawab. Dalam sebuah tim, dibutuhkannya juga saling mendukung dan percaya satu sama lain. Sifat tersebut juga menjadi kelebihan saat anda melamar.

Contoh kekurangan

Seperti kelebihan, kekurangan pada orang juga bersifat beragam. Namun, terdapat beberapa kesamaan dari orang orang mengenai kekurangan diri.

1. Prokrastinasi

Baca juga : Mengenal Jabatan Foreman, Tugas, dan Besaran Gajinya

Sifat menunda nunda pekerjaan adalah salah satu bentuk kekurangan yang paling lazim di tengah dunia pekerjaan. Apabila sifat ini menjadi salah satu hal yang anda miliki, maka tidak salah untuk bersifat jujur kepada pelamar. Namun, anda juga dapat menawarkan solusi atas keadaan ini. 

2. Tidak menguasai teknologi tertentu atau terbaru

Tidak dapat dipungkiri, kemajuan teknologi yang baru dan cepat, membuat beberapa diantara kita terlewat untuk dapat mengetahui apalagi menggunakannya. Maka, tidak salah untuk berkata jujur mengenai kekurangan ini, karena, dengan jujur, adalah langkah pertama dari kemauan Anda untuk belajar.

Baca juga : Kerja tidak Sesuai Ekspektasi bukan Berarti Anda tidak Bisa Meraih Sukses 

3. Bermasalah dengan bahasa asing

TIdak dapat dipungkiri juga, bahasa asing, terutama bahasa Inggris sangatlah relevan digunakan di dunia kerja. Hal ini juga dipengaruhi oleh sistem kerja yang saat ini bersifat globalisasi. Oleh karena itu, jika Anda memiliki masalah pada bahasa asing, Anda dapat mengatakannya. 

4. Minim pengalaman

Baca juga : Dari Buka Salon di Garasi Rumah, Make Up Artist Satu Ini Bisa Keliling Dunia

Tidak semua orang serta merta memiliki pengalaman untuk dapat masuk ke dalam dunia kerja. Terutama jika Anda adalah lulusan baru. Maka, tidak ada salahnya untuk Anda tetap berkata jujur mengenai keadaan tersebut. Namun, meskipun memiliki pengalaman yang minim, Anda tetap dapat menawarkan nilai dan poin tambahan anda kepada pelamar. Seperti nilai Anda yang tinggi, atau kemampuan Anda yang relevan dengan lowongan yang ada. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat