visitaaponce.com

Pemanfaatan BLMS Karier.mu Bantu Jembatani Pendidikan dan Lapangan Kerja

Pemanfaatan BLMS Karier.mu Bantu Jembatani Pendidikan dan Lapangan Kerja
Karier.mu, platform digital Prakerja, bersama Emtek Group dan Karir.com menggelar event Career & Education Festival, 30-31 Agustus 2023.(Ist)

KARIER.MU, platform digital Prakerja, bersama Emtek Group dan Karir.com menggelar event Career & Education Festival yang mempertemukan langsung perusahaan dan pencari kerja disertai dengan sosialisasi program prakerja skema normal.

Event ini digelar secara hybrid, on site, dan online di Emtek City, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, selama dua hari, 30-31 Agustus 2023.

Baca juga: Buka Festival TKM 2023, Menaker: Pacu Kompetensi TKM Jadi Penyedia Lapangan Kerja

“Emtek Career and Education Festival ini membuka kesempatan bagi jobseeker menemukan karier impian yang sesuai minat dan keterampilan."

"Selain itu Karier.mu meyakini pentingnya pemanfaatan teknologi untuk akselerasi karier. Salah satunya memanfaatkan blended learning management system (BLMS) Karier.mu yang mudah diakses siapa saja dan di mana saja,” ujar Chief of Karier.mu Rangga Septyadi, di Jakarta, hari ini.

Mengenai BLMS disampaikan melalui talkshow bertema Elevating access to education through multi-sector collaboration pada hari kedua Emtek Career & Education Festival 2023.

Talkshow menghadirkan Chief of Karier.mu M Rangga Septyadi, Ketua Umum Forum Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan Zoelkifli M Adam, dan Head of Ecosystem Development Prakerja Andreas Aditya Swasti.

Baca juga: BNI Dukung Pemerintah Tingkatkan Jumlah Wirausaha Lewat Graduasi KUR Prakerja

Menurut Rangga, salah satu pemanfaatan BLMS yang berdampak besar adalah Program Kartu Prakerja. Kolaborasi multisektor antara pemerintah, pihak swasta, lembaga pelatihan dalam memaksimalkan jangkauan pelatihan hingga pelosok ini menjadi study case menarik.

Hingga kini lebih dari 350 mitra memanfaatkan BLMS Karier.mu sebagai sumber belajar dan monitoring peserta program Kartu Prakerja.

"Dengan adanya BLMS di platform Karier.mu, sampai saat ini Karier.mu dapat menjangkau mitra lembaga pelatihan di lebih dari 20 provinsi dan menjangkau jutaan pengguna di kabupaten/kota se-Indonesia," tuturnya.

Ia menjelaskan BLMS Karier.mu membantu ratusan lembaga pelatihan dalam menyediakan kelas pelatihan Program Kartu Prakerja, program unggulan Presiden Joko Widodo dalam bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) sejak 2020. 

Melalui sistem ini, lembaga pelatihan dengan mudah menyediakan beragam jenis konten pelatihan, merekam kemajuan kompetensi peserta, mendokumentasikan portofolio pelatihan, sampai penyediaan sertifikat bagi peserta yang menyelesaikan pelatihan.

Baca juga: Teknologi Digital Prakerja Game Changer untuk Pembelajaran Orang Dewasa

Rangga menambahkan BLMS Karier.mu juga sudah digunakan perusahaan dan lembaga pemerintah dalam melakukan program pengembangan SDM.

“Pemanfaatan BLMS yang cukup umum di industri pendidikan ternyata juga membantu perusahaan dalam proses pengembangan SDM sehingga dapat menyediakan program pengembangan karyawan dalam skala luas dan tetap menjaga mutu hasil program untuk mendukung bisnis perusahaan.”

Menurut Rangga, pemanfaatan BLMS sering identik hanya untuk industri pendidikan, nyatanya di luar itu banyak sektor potensial dalam pemanfaatan LMS untuk menjangkau target audiens lebih luas.

"Contohnya sektor banking dapat membuat sistem pembelajaran lebih efektif dan efisien untuk calon banker,” tutup Rangga.

Founder Karier.mu Najelaa Shihab memaparkan pentingnya semangat belajar sepanjang hayat untuk angkatan kerja di Indonesia. 

Najelaa juga menyampaikan pentingnya proses belajar dalam keseharian, tidak terbatas tempat, waktu dan profesi. Kini sumber pembelajaran terbaik dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

"Karier.mu dalam hal ini ikut membantu talenta mengembangkan karir mereka. Sejak 2019, Karier.mu sudah membantu jutaan orang mengembangkan karier sesuai kemampuan dan bakat, serta penempatan kerja," tutupnya. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat