visitaaponce.com

Akademisi USK Luncurkan Buku Olahraga dan Politik Soekarno

Akademisi USK Luncurkan Buku Olahraga dan Politik Soekarno
Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan (tiga dari kiri) dalam peluncuran buku Olahraga, Politik dan Perlawanan Soekarno, di Sabang,Sabtu(24/9/2022)(MI/AMIR MR)

BUKU berjudul Olahraga, Poltik dan Perlawanan Soekarno karya akademisi, Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh, Dr.
Syamsulrizal, M.Kes dan  Dr. Abrar, MP.d dari Nahdatul Ulama University diluncurkan  di Sabang, Provinsi Aceh pada Sabtu (24/9).

Kolaborasi dua penulis tersebut dipertemukan karena sama-sama menyelesaikan pendidikan doktoral di Universitas Semarang (Unes). Syamsulrizal mengatakan, titik berangkat buku ini ditulis karena di Indonesia, belum ada literatur yang menghubungkan olahraga dengan kepemimpinan Soekarno.

"Kami berpikir, peran dan kontribusi Soekarno di bidang olahraga dan politik, bisa jadi akan hilang nantinya bila tidak ditulis," kata
Saymsurizal yang juga Dekan FKIP USK ini.

Baca juga: DPR Minta Nadiem Segera Klarifikasi 400 Anggota Tim Bayangan

Ia ingin mengisi kekosongan tersebut. Menurutnya, karya yang menghubungkan olahraga dengan kepemimpinan Soekarno langka di Indonesia. Karena itu, kehadiran buku tersebut diharapkan mampu melestarikan pikiran dan sepak terjang Soekarno.

"Buku ini semoga bisa memberikan warna, ditengah kelangkaan karya yang menghubungkan founding father kita dengan olahraga," ujarnya.

Senada dengan itu, Abrar mengungkapkan, motivasi dirinya menulis karya ini, intinya untuk mencatat pokok pikiran Soekarno. Menurutnya, presiden pertama Indonesia itu, telah menjadi olahraga sebagai instrumen politik baik untuk harga diri bangsa, maupun semangat perlawanan terhadap imperialisme.

Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan mengapresiasi karya akademisi kampusnya itu. Menurutnya, buku tersebut layak dibaca karena isinya berkenaan dengan keberhasilan Soekarno menunjukan eksistensi bangsa di mata dunia, salah satunya lewat olahraga.

"Selamat atas lahirnya bukunya. Ini menjadi suatu kontribusi ilmiah dari kampus terhadap dunia olahraga dan politik. Sebagai sebuah karya, tentu masih ada kekurangan, namun dengan bincang dan bedah buku hari ini, bisa menambah sekaligus memperkaya buku ini," tambah Syamsulrizal. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat